9 Gaya Belajar dan Menghafal, Kamu Tipe yang Mana?

9 Gaya Belajar dan Menghafal, Kamu Tipe yang Mana?

9 Gaya Belajar dan Menghafal, Kamu Tipe yang Mana?

9 Gaya Belajar dan Menghafal, Kamu Tipe yang Mana? – Setiap orang memiliki gaya belajar dan menghafal yang berbeda-beda. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam belajar di sekolah maupun dalam pekerjaan. Ketika kamu bisa menyadari bagaimana kamu bisa menyerap dan mengolah informasi, maka kamu akan bisa menjadikan proses belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gayamu sendiri.

Nah, kamu harus mengetahui 9 gaya belajar dan menghafal. Simak yuk, penjelasan di bawah ini biar kamu tahu, kamu termasuk yang mana:

 

  1. Tipe Visual

Tipe ini merupakan tipe seseorang yang banyak belajar dan memahami sesuatu dengan melihat. Dengan berbagai materi visual yang menarik seperti buku, foto, diagram, video dan semacamnya pasti cocok untuknya. Nah, kalau kamu termasuk orang dengan tipe visual, berarti kamu harus banyak memperhatikan dan membaca.

Dengan cara melihat dan membaca tentu belajar dan menghafal dinilai sangat efektif. Kamu juga bisa membuat visual catatan atau buku pelajaran semakin menarik dengan memberikan highlight warna-warni dan catatan post it.

  1. Tipe Auditory

Tipe ini termasuk tipe seseorang yang mudah mengingat ucapan orang lain dan penjelasan secara verbal. Jika kamu bisa menangkap pelajaran dengan menyimak penjelasan guru atau dosen di kelas, maka kamu termasuk tipe auditory. Selain itu, kamu bisa juga mendengarkan lewat rekaman suara yang membahas seperti materi pembelajaran.

  1. Tipe Kinestetik

Kalau kamu belajar dengan mengandalkan aspek fisik atau gerakan, berarti kamu termasuk tipe kinestetik. Ketika belajar kamu butuh memegang dan merasakan hal-hal yang dipelajari, tidak sekedar melihat atau mendengar materinya saja. Biasanya kamu senang belajar dengan bantuan alat peraga atau praktek secara langsung.

  1. Tipe Memanfaatkan Stres

Apakah kamu termasuk orang yang lebih fokus belajar dikala sedang stress? Ternyata stres itu tidak selalu berakibat negative lho. Dengan banyaknya tugas maupun ujian justru lebih memacu kamu buat belajar dan berprestasi. Tipe belajar dengan memanfaatkan stress ini bisa mengelola stress dibawah tekanan. Bahkan mereka justru butuh tantangan, sebaliknya jika kondisi santai malah membuatnya lemah. Lebih baik pasang target supaya terus terpacu untuk memenuhinya.

  1. Tipe Serba Rileks

Tipe ini kebalikan dari tipe memanfaatkan stress. Seseorang dengan tipe ini malah bisa perform dengan baik saat merasa nyaman dan santai. Jadi, ia harus membangun suasana yang rileks dan tenang untuk belajar. Kalau kamu termasuk tipe ini, jangan gampang nge-down oleh situasi yang menegangkan.

Baca: Social Comparison dan Alasan Mengapa Seseorang Melakukannya

 

  1. Tipe Menulis

Cara kamu untuk dapat menyerap pelajaran adalah dengan menuliskannya. Bisa dengan menulis catatan di kelas, membuat rangkuman, menjawab latihan pertanyaan dan lain sebagainya. Semakin kamu rajin mencatat, maka akan semakin paham dengan materi yang diberikan.

  1. Tipe Mengajar

Dengan mengajari orang lain kamu bisa menangkap suatu pelajaran atau materi dan dinilai paling efektif. Menelaah pelajaran terlebih dahulu kemudian menyampaikannya kepada orang lain membuat kamu semakin cepat menguasai materi tersebut. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa jika kita banyak mengajari orang lain justru membuat kita semakin pandai.

  1. Tipe Meniru

Dengan meniru, kamu dapat menguasai dan memahami suatu pembelajaran. Artinya kamu perlu suatu contoh yang bagus. Kamu juga bisa belajar melalui guru atau tutor secara online, karena sekarang teknologi sudah semakin canggih. Tentunya akan lebih mempermudah kamu belajar dengan tipe ini.

  1. Tipe Menyimak Orang yang Terpercaya/Berpengaruh

Pengaruh belajar akan terasa bagi kamu jika ada orang atau guru yang menyampaikan pelajaran dengan penuh inspirasi dan dari segi komunikasinya pun baik. Tentu saja proses belajarmu akan efektif jika menyimak orang yang berpengaruh dan berkompeten.

 

Baca: Tipe-Tipe Cara Belajar, Tipe Belajarmu Nomor Berapa?

Nah, itulah 9 gaya belajar dan menghafal yang perlu kita ketahui. Setiap orang pada umumnya memiliki dua tipe atau lebih dalam gaya belajar dan menghafal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Nah, kalau kamu termasuk tipe yang mana?

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?