Do & Don’t Berkarir di Penerbangan

Do & Don’t Berkarir di Penerbangan

Do & Don’t Berkarir di Penerbangan

Do & Don’t Berkarir di Penerbangan – Berkarir di dunia penerbangan memang diimpikan oleh banyak orang. Tapi untuk mencapai karir yang diidam-idamkan tersebut, tidak mudah begitu saja. Kamu perlu berusaha semaksimal mungkin, mulai dari mempersiapkan bekal seperti mengikuti sekolah penerbangan sampai pada mengikuti berbagai macam seleksi untuk recruitment di maskapai yang kamu inginkan.

Tips Berkarir di Penerbangan

Maka dari itu ada beberapa hal yang harus kamu lakukan atau tidak lakukan jika berkarir di dunia penerbangan. Berikut do & don’t berkarir di penerbangan, diantaranya:

 

Do:

  1. Harus Memenuhi Syarat yang Ditentukan

Di dunia penerbangan ada beberapa macam profesi di dalamnya. Seperti pramugari, AVSEC, Airline Staff dan lain sebagainya. Dari profesi-profesi tersebut pasti ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh semua pelamar yang ingin memasuki maskapai yang diinginkannya tersebut. Dimulai dari persyaratan kondisi tubuh, tinggi dan berat badan, kemampuan bahasa atau pun kemampuan lainnya di bidang tertentu. Jadi, sebisa mungkin kamu harus memenuhi berbagai macam syarat dan ketentuan pada bidang yang akan kamu geluti.

  1. Kondisi Tubuh yang Prima

Dalam menjalani pekerjaan dan karir tentu kondisi tubuh yang prima menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena hal ini juga akan mempengaruhi kinerja yang dihasilkan. Berkarir di dunia penerbangan pasti sangat ‘hectic’ sekali, sehingga jika kondisi tubuhmu lemah maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan memuaskan atau bahkan bisa saja mengecewakan. Jadi, pastikan kamu harus menjaga kondisi tubuh yang prima, apalagi pada saat melakukan penerbangan jarak jauh terkhusus misalnya pramugari. Pramugari tidak hanya modal kecantikan dan menariknya saja. Mereka juga dituntut untuk selalu prima dan kuat dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

  1. Kuasai Bahasa Asing

Berkarir di penerbangan memang mewajibkan untuk mampu menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional nomor 1. Jadi, ketika kamu melakukan penerbangan ke berbagai Negara, sangat memungkinkan sekali menggunakan bahasa inggris. Bahkan ada beberapa maskapai yang menuntut staff nya agar mampu menguasai bahasa asing selain bahasa inggris, seperti bahasa jepang, korea, china dan lain sebagainya. Maka dari itu, persiapkanlah dirimu untuk terus mengasah kemampuan bahasa asing.

  1. Ikuti Sekolah Penerbangan

Dengan mengikuti sekolah penerbangan bisa jadi pilihan terbaik untukmu sebelum berkarir di dunia penerbangan. Hal tersebut tentu sangat membantu dirimu, akan akan lebih paham akan ilmu-ilmu tentang penerbangan. Tidak hanya belajar secara teori, tetapi pada prakteknya pun akan kamu dapatkan. Bahkan sudah banyak sekolah penerbangan yang menyediakan banyak program pilihan. Termasuk di Diklat NASA, yang menyediakan beberapa program pilihan seperti Pramugari, AVSEC, dan Airline Staff.

 

 

Don’t:

  1. Tidak Berkomitmen

Ketika kita berkarir di suatu perusahaan, maka kita harus berkomitmen untuk mengikuti segala aturan yang ada di perusahaan tersebut. Tunjukkanlah komitmen yang baik agar kamu dapat berkarir dengan baik di perusahaan yang akan kamu tempati nantinya. Di dunia penerbangan pasti sekali aturan yang harus dipatuhi oleh para staff penerbangan. Jika tidak berkomitmen dan melanggar aturan sudah barang pasti akan menerima resiko dan konsekuensinya.

  1. Tidak Fokus

Dalam bekerja memang harus fokus supaya pekerjaan yang dilakukan hasilnya akan baik. Apalagi di dunia penerbangan memerlukan kefokusan yang tinggi. Apalagi di perusahaan jasa penerbangan yang notabene nya harus melayani penumpang dengan baik. Bahkan tujuan utamanya itu bisa mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya dengan selamat. Jadi, kalau tidak fokus akibatnya bisa sangat fatal.

  1. Tidak Disiplin

Segala aturan yang telah ditetapkan untuk berkarir di dunia penerbangan sangat ketat. Maka kamu perlu menyiapkan mental secara lahir dan batin untuk mampu menghadapinya. Salah satunya kamu harus disiplin secara maksimal. Contoh kecil saja, jika kamu melakukan kesalahan seperti terlambat dalam bekerja bisa berakibat fatal. Pekerjaan yang dilakukan jadi tidak maksimal. Bahkan bisa terjadi suatu kesalahan akibat dari keterlambatan ini. Seperti terjadi delayed. Dampaknya juga akan mengecewakan penumpang.

 

Baca: Tips Memilih Kuliah atau Kerja

Itulah beberapa point yang harus dilakukan dan tidak dilakukan jika kamu berkarir di dunia penerbangan. Jika kamu ingin punya karir yang cemerlang di dunia penerbangan, suatu keputusan yang tepat untuk kamu mengikuti sekolah penerbangan di Diklat NASA. Yuk, segera daftarkan dirimu dan raih kesempatan untuk punya karir yang menjanjikan di masa depan bersama Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment