Weight & Balance Complaint (Berat Badan Penumpang Pesawat)

Berat Badan Penumpang Pesawat

Weight & Balance Complaint (Berat Badan Penumpang Pesawat)

Weight & Balance Complaint (Berat Badan Penumpang Pesawat) – Sebenarnya terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi operasi pesawat udara untuk menjadi efisien dan selamat, diantaranya adalah dengan menjaga berat dan keseimbangan dengan baik. Perhitungan berat badan penumpang pesawat dan keseimbangan yang akurat merupakan hal yang penting terutama karena letak pusat gravitasi mempengaruhi kinerja pesawat udara.

Tidak terbayang bagaimana jadinya jika pesawat udara tidak memperhatikan faktor weight and balance ini. Mungkin akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pesawat.

Weight adalah ukuran dan gaya gravitasi bumi terhadap benda material. Kekuatan gravitasi berpengaruh pada massa pesawat, sedangkan beban pesawat tergantung pada beban pesawat dan jumlah muatan. Nah, untuk balance atau keseimbangan mengacu pada posisi center of gravity pada pesawat. Jadi, balance adalah titik pusat antara bagian depan dan bagian belakang pesawat di mana CG harus terletak dalam keadaan seimbang.

Nah, adapun prinsip-prinsip weight and balance menurut Ibrahim Sahib, diantaranya:

  1. Prinsip-prinsip berat kekuatan daya angkut pesawat dijalankan oleh airfoil yang menghasilkan kekuatan agar pesawat tetap berada di udara
  2. Pengaruh segala bentuk muatan yang menyebabkan tambahnya total weight adalah suatu hal yang harus dihindari selama penerbangan.

Lalu, hal apa saja yang dapat ditimbulkan oleh kondisi pesawat yang over weight atau overload? Berikut penjelasannya:

  1. Lowered structural safety (mengurangi keamanan structural)
  2. Reduced manuverability (mengurangi tingkat manuver)
  3. Increased take off run (memperpanjang jalur untuk lepas landas)
  4. Lowered angle and rate of climb (mengurangi sudut dan tinggi kecepatan pesawat di udara)
  5. Increased fuel consumption (meningkatkan konsumsi bahan bakar)
  6. Lowered ceiling (ketinggian terbang yang rendah)
  7. Increased stalling speed (mengurangi tingkat kecepatan)
  8. Overstressed tires (tekanan ban yang berlebihan)

Setiap pesawat mempunyai weight restriction tertentu yang ditentukan oleh pabrik pembuatan pesawat. IATA memaparkan ada tiga jenis berat yang harus diperhatikan oleh para operator penerbangan, yaitu diantaranya:

  1. Penumpang untuk hitungan berat dalam
  2. Dewasa: kategori jika telah berumur 12 tahun, berat rata-ratanya 154 lbs atau setara dengan 74 kg
  3. Anak-anak: kategori jika berumur 2-11 tahun dan beratnya 77 lbs atau setara dengan 35 kg
  4. Bayi: kategori jiak berumur 0-23 bulan dan beratnya 22 lbs atau setara dengan 10 kg
  5. Awak Pesawat (crew) berat rata-rata pada cockpit crew 176 lbs atau setara dengan 80 kg
  6. Bagasi (baggage): jatah bagasi 20 kg untuk B737 dan 10 kg untuk ATR 42. Bagasi tas tangan standar dengan maksimum berat 7 kg dan dimensi ukuran 40x30x15 cm jet boeing

Seiring berkembangnya sistem komputer dan informasi, pelaku perhitungan weight and balance ini cenderung berubah dari manusia ke sistem komputer yang canggih. Sistemnya pun bisa berupa modul aplikasi yang terpasang di kokpit bagi pilot, sampai sistem lebih besar dan rumit. Pada dasarnya sistem ini sangat mendukung operasi penerbangan. Namun karena besar dan rumitnya sistem, biaya pengembangan operasional, dan perawatannya cukup mahal.

Belum lagi jika penggunaannya berbayar untuk jangka waktu tertentu, hal ini tentu memberatkan maskapai penerbangan yang hanya mempunyai kemampuan keuangan yang terbatas. Bahkan maskapai penerbangan yang mempunyai kemampuan keuangan yang memadai pun belum tentu juga akan menggunakan sistem ini jika ada pilihan lain yang lebih mudah dan murah.

Bahkan berdasarkan sumber dari penelitian mengenai sistem perhitungan weight and balance ini, menggunakan model matematika yaitu dengan penggunaan Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi komputer yang fiturnya cukup sederhana dan penggunaannya pun cukup mudah. Bahkan ada kode pemrograman guna mengembangkan sistem perhitungan weight and balance pesawat udara yang canggih.

Baca: Jenis-Jenis Tiket Pesawat (Airfare)

Agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai weight and balance pada pesawat, biasanya akan kamu dapatkan pada kematerian sekolah penerbangan. Rekomendasi terbaik untukmu untuk mengenyam pendidikan sekolah penerbangan di Diklat NASA aja. Kamu akan mewujudkan mimpi menjadi bagian pekerja dari maskapai penerbangan impianmu. Daftarkan segera di Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?