Berapa Lama Kontrak Kerja Staff Penerbangan di Indonesia?

Kontrak Kerja Staff Penerbangan

Berapa Lama Kontrak Kerja Staff Penerbangan di Indonesia?

Berapa Lama Kontrak Kerja Staff Penerbangan di Indonesia? – Setiap perusahaan penerbangan pastinya memiliki kebijakan masing – masing. Termasuk kebijakan dalam mengatur kontrak kerja para staff nya. Sebelum resmi menyandang karyawan tetap di suatu perusahaan maskapai penerbangan, setiap calon staff yang telah terpilih, akan menandatangani kontrak kerja yang telah disepakati terlebih dahulu.

Apa saja yang tertera di dalam kontrak kerja? Didalamnya akan dicantumkan nominal gaji yang akan diterima, hak dan berbagai kewajiban yang harus dilakukan, beserta masa kontrak kerja. Dengan beragam informasi detail yang tercantum di kontrak kerja, alangkah baiknya untuk membacanya dengan sangat teliti terlebih dahulu.

Untuk masa kontrak kerja staff penerbangan, umumnya 1 tahun dianggap sebagai masa training. Selanjutnya bila kinerja nya bagus dan sesuai dengan yang diharapkan, maka kontrak akan terus diperpanjang. Setelah 5 tahun masa kerja kemudian staff penerbangan akan resmi menjadi pegawai tetap.

Tapi itu Kembali lagi, bergantung pada ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan maskapai penerbangan. Karena ada juga yang kontraknya 2-3 tahun, selanjutnya langsung diangkat menjadi pegawai tetap.

Bicara lebih detail mengenai staff penerbangan, kira-kira ada profesi apa saja yang bisa digeluti di dunia penerbangan?

  • Lost & Found

Staff yang berada di divisi Lost & Found akan mendata penumpang yang mengalami kehilangan atau bahkan kerusakan bagasi.

  • Ticket Sales

Bertugas untuk melayani penjualan tiket pesawat. Untuk pekerjaannya bisa dilakukan di bandara atau di kantor resmi milik maskapai penerbangan tersebut

  • Baggage Handling

Petugas yang mengatur bagasi penumpang pesawat

  • Check in Counter

Memastikan tiket yang dimiliki penumpang sesuai dengan jam keberangkatan, mencetak boarding pass dan memasukan barang-barang penumpang ke bagasi, serta memberikan label pada barang-barang tersebut agar tidak mudah tertukar.

  • Boarding Staff

Disini Boarding Staff bertugas untuk memastikan calon penumpang untuk segera bersiap-siap karena penerbangannya sudah mendekati waktu boarding. Selain itu, seorang boarding staff juga mengakomodir surat layak terbang bagi penumpang khusus seperti ibu dengan anak dibawah 1 tahun atau ibu hamil.

  • Customer Relation Officer (CRO)

Membantu staff penerbangan lainnya dalam melakukan manajemen komplain dari penumpang pesawat

  • Transfer Desk

Melayani penumpang pesawat yang sedang transit menuju penerbangan selanjutnya

Baca: Berapa Lama Jam Kerja Staff Penerbangan di Indonesia?

  • Services

Staff penerbangan yang menemani penumpang khusus untuk sampai ke pesawat dengan baik. Ada berbagai penumpang yang masuk ke dalam kategori penumpang khusus yakni lansia, anak kecil yang tidak ditemani keluarganya, sakit, memakai kursi roda dan lainnya.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?