Urutan Jabatan Pramugara atau Pramugari

Urutan Jabatan Pramugara atau Pramugari

Urutan Jabatan Pramugara atau Pramugari

Urutan Jabatan Pramugara atau Pramugari – Berprofesi menjadi seorang Pramugara/i tentu banyak diidolakan oleh pria maupun wanita. Secara profesi ini merupakan profesi yang terbilang keren. Belum lagi jenjang karirnya yang sangat menjamin.

Berbicara mengenai jenjang karir seorang Pramugara/i tentu menjadi hal yang sangat penting dan banyak dinantikan karena berkaitan dengan kenaikan pangkat dan tentunya gaji yang didapatkan. Jenjang karir pada profesi Pramugara/i ini bisa dibilang sedikit berbeda dibandingkan dengan jenjang karir pada pekerjaan lainnya.

Secara untuk bisa menjadi seorang Pramugara atau Pramugari yang profesional diharuskan menguasai berbagai skill atau keahlian tertentu. Jenjang karir profesi ini biasanya sangat dipengaruhi oleh prestasi yang diraih selama bekerja. Selain itu, seorang Pramugara atau Pramugari harus lolos berbagai tes evaluasi yang diterapkan oleh pihak maskapai.

Nah, ada beberapa tingkatan jenjang karir seorang Pramugara atau Pramugari, bisa dibedakan berdasarkan warna seragam yang dikenakannya lho. Seperti contohnya, warna seragam yang dikenakan pada maskapai Garuda Indonesia. Berikut penjelasannya:

  1. Seragam Hijau Tosca

Jenjang karir yang pertama adalah tingkat junior. Ciri utamanya untuk seorang Pramugara atau Pramugari yang dikatakan junior adalah warna seragam yang dikenakan berwarna hijau tosca. Tidak hanya menandakan jenjang karir, warna yang digunakan pun memiliki arti dibaliknya. Warna hijau tosca bisa memberi arti bernuansa tropis dan juga menyegarkan.

 

  1. Seragam Orange atau Jingga

Tingkatan jenjang karir seorang Pramugara atau Pramugari selanjutnya adalah tingkat senior. Ditandai dengan seragam yang berwarna orange atau jingga. Sebenarnya secara umum tidak ada yang membedakan seorang Pramugara/i junior maupun senior. Keduanya sama-sama sebagai pelaksana dan bertugas untuk menjaga keselamatan. Akan tetapi hal yang membedakan hanya tingkatan karir dan tentu saja dari gaji yang diperoleh.

Nah, untuk mencapai jenjang pada tingkatan ini seorang Pramugara atau Pramugari harus menjalani training terlebih dahulu. Adapun arti warna dari jingga itu sendiri memberi kesan yang hangat, ramah, serta penuh dengan semangat atau berenergi.

  1. Seragam Ungu

Jenjang karir yang berada di tingkatan ketiga ini adalah yang menjabat sebagai Maitre D’Cabin (MDC). Mereka seorang Pramugara atau pramugari yang bertugas sebagai coordinator dari setiap kelas, seperti kelas bisnis, kelas ekonomi, maupun first class. Nah, untuk tingkat jenjang karir ini pun sama dengan tingkatan sebelumnya yang membutuhkan training terlebih dahulu.

Apabila dari tahap sebelumnya sudah sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkaan dan lolos tes, maka berhasil menduduki tingkatan ketiga ini. Pramugara/i pada tingkatan ini mendapat tugas sebagai pengisi suara di dalam pesawat. Adapun arti dari warna seragamnya yaitu ungu menggambarkan sisi elegant, kreatif, dan inspiratif.

  1. Seragam Biru

Tingkatan jenjang karir tertinggi bagi seorang Pramugara atau Pramugari adalah Flight Manager Service yang mengenakan seragam berwarna biru. Tentu pada tingkatan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih berat, seorang Pramugara atau Pramugari yang berada di tingakatan ini mendapatkan kepercayaan penuh dari seorang pilot.

Tidak hanya itu, pada tingkatan ini seorang Pramugara atau Pramugari mendapat bekal ilmu lainnya yaitu ilmu keperawatan. Maka, apabila ada seorang penumpang yang sakit, seorang Flight Manager Service ini harus bisa menentukan tindakan. Ia harus mengawasi setiap kinerja dari seluruh awak kabin.

Agar jenjang karir tertinggi ini tercapai, maka membutuhkan kinerja yang lebih dan kualifikasi yang tinggi pula. Nah, adapun arti dari warna seragamnya yang berwarna biru adalah memancarkan kesan andal, terpercaya dan menenangkan.

Baca: Bidang Pekerjaan Lain Untuk Lulusan Diklat NASA

Nah, itulah beberapa urutan jabatan pramugari atau pramugara. Bagi kamu yang berminat dan bercita-cita menjadi seorang Pramugara/i yang handal, sebuah keputusan yang tepat jika melaksakan pendidikan di sekolah penerbangan terlebih dahulu yaitu di Diklat NASA. Kamu akan diajarkan bagaimana caranya supaya bisa menjadi seorang Pramugara/i dengan jenjang karir yang cemerlang.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?