Do & Dont’s Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Do & Dont’s Membuat Surat Lamaran Kerja

Do & Don’t Membuat Surat Lamaran Kerja – Banyak orang yang menganggap sepele dalam membuat surat lamaran kerja. Misalkan banyak yang kurang teliti dalam penulisan sehingga salah ketik atau asal menyebar CV ke semua perusahaan. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, alangkah lebih baiknya harus memperhatikan dalam membuat surat lamaran atau CV agar peluang untuk kamu diterima kerja juga lebih besar. Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan dan tidak kamu lakukan dalam membuat surat lamaran kerja, diantaranya:

 

  1. Do:
  • Pastikan surat lamaran kerjamu terorganisir dan mudah dibaca. Hendaknya kamu menggunakan font seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri karena font tersebut yang umum untuk digunakan. Selain itu perhatikan ukuran tulisannya, pastikan agar pembaca nyaman untuk membacanya. Untuk setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Gunakan kalimat yang baik dan benar dalam membuat surat lamaran.
  • Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu minati. Misalnya, kamu pernah mengikuti magang di salah satu perusahaan maskapai penerbangan. Maka kamu berhak mencantumkan pengalaman tersebut untuk nilai tambahmu.
  • Sebelum kamu mengirimkan CV dan surat lamaran, sebaiknya periksa terlebih dahulu resume kamu dan pastikan jangan sampai ada yang salah tulis. Jika kamu melamar pekerjaan melalui e-mail atau situs lowongan kerja, kamu perlu periksa ulang data-data yang ada didalamnya dengan benar jangan sampai ada salah tulis atau yang terlewatkan.
  • Fokuslah pada kualitas, bukan kuantitas dalam daftar pencapaian kamu selama ini. Tunjukkan pencapaian yang benar-benar menunjukan kesuksesan yang pernah kamu raih sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar, atau pun kegiatan atau organisasi yang mendukung dalam bidang tersebut.
  • Buatlah CV maksimal hanya 2 halaman dan itu pun sudah mencakup semua informasi tentang dirimu.
  • Jika kamu mengirim surat lamaran lewat e-mail, pastikan dengan baik subjek yang kamu cantumkan jelas sesuai dengan bidang atau posisi yang akan kamu lamar. Misalnya (CV Pramugari).

 

  1. Don’t:
  • Jangan asal-asalan dalam melamar pekerjaan, misalnya posisi yang kamu lamar tidak sesuai dengan background pendidikan atau skill-mu. Pastikan dalam menulis CV dan surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan latar belakangmu dengan cepat dan efisien. Jadi, pastikan kamu menulis kelebihan yang terkait dengan bidang yang kamu lamar. Kalaupun tidak ada, kamu bisa menyebutkan aspek yang relevan, seperti kemampuan yang kamu miliki.
  • Jangan menganggap sepele seperti salah ketik dalam CV atau surat lamaran kerja. Dari sini, perekrut akan melihatmu sebagai orang yang ceroboh akan hal-hal yang kecil. Jika persoalan kecil saja tidak bisa atau menganggap sepele, bagaimana kamu akan menjalankan tanggung jawab yang lebih besar? Coba renungkan!
  • Jangan menyombongkan diri dalam surat lamaran kerja dan memberikan informasi yang tidak benar atau palsu dalam CV. Kamu harus menuliskan keahlian yang memang benar kamu miliki, tidak mengurang-ngurangkan atau pun melebih-lebihkan. Sehingga ketika pada tahap wawancara, kamu akan lebih percaya diri saat memaparkan kelebihanmu. Hati-hati, perekrut pun akan mengetahui jika kamu berbohong.
  • Jangan mengirimkan lampiran CV lewat e-mail tanpa surat permohonan melamar kerja. Hal itu akan membuatmu terkesan tidak bersungguh-sungguh dalam mendapatkan pekerjaan.
  • Jangan menyertakan foto yang diambil dengan kamera telepon sendiri, hal ini terkesan sangat tidak profesional. Cobalah berpakaian rapi minimal mengenakan kemeja, dan buat pas photo di studio foto yang profesional.
  • Dalam membuat CV tidak perlu repot-repot untuk menghias dengan bingkai yang berlebihan agar dilihat HRD. Kamu hanya perlu menjaganya agar CV-mu tetap rapi, simple dan elegan. Inilah cara paling aman dalam membuat CV.

 

Baca: Standar Sepatu untuk Pramugari

Itulah beberapa point yang harus kamu lakukan dan hindari dalam membuat surat lamaran kerja atau CV. Hal dalam membuat surat lamaran kerja ini benar-benar perlu kamu perhatikan dengan baik, karena merupakan langkah awal sebelum kamu mengikuti tahap berikutnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?