Ketentuan Grooming di Dunia Penerbangan

Ketentuan Grooming di Dunia Penerbangan

Ketentuan Grooming di Dunia Penerbangan

Ketentuan Grooming di Dunia Penerbangan – Di dunia penerbangan, seorang petugas maskapai penerbangan dituntut untuk selalu bersih dan rapi dalam melaksanakan tugasnya. Nah, istilah grooming adalah suatu cara seseorang dalam memperoleh penampilan yang menarik.

Grooming berasal dariĀ  bahasa Inggris yaitu well groomed. Kata ini memiliki arti penampilan yang rapi, terurus, terawat, maksudnya adalah harus berpenampilan menarik dan terjaga. Grooming ini sangat penting karena jika seseorang ingin masuk menjadi salah satu petugas dalam dunia penerbangan, maka harus memahami dan melaksanakan ketentuan grooming dengan sebaik mungkin.

Pada hakikatnya ketentuan grooming telah diadaptasi oleh berbagai perusahaan, tidak hanya untuk dunia penerbangan saja. Hal ini karena membuktikan bahwa penampilan pegawai memiliki andil yang cukup besar dalam mempengaruhi para pelanggan atau konsumen.

Begitu pun di dunia penerbangan, tak heran bukan jika kamu sering melihat wanita cantik dan pria tampan berkeliaran di area bandara? Nah, rata-rata mereka adalah petugas dari maskapai penerbangan dan petugas bandara secara langsung.

Lalu, bagaimana ketentuan grooming di dunia penerbangan? Sebenarnya ketentuan grooming ini telah tertulis dalam sebuah SOP (Standard Operational Procedure). Penampilan seorang petugas bandara atau petugas maskapai penerbangan dibagi menjadi dua, yaitu khusus untuk pria maupun wanita.

  1. Standar Penampilan Bagi Petugas Penerbangan Berjenis Kelamin Pria
  2. Berambut pendek dan rapi. Dilarang berambut panjang/gondrong. Minimal rambut berada di atas daun telinga serta dipastikan rambut selalu tersisir rapi
  3. Dilarang berjenggot panjang
  4. Dilarang berjambang melebihi garis batas bawah daun telinga
  5. Pastikan kumis selalu dalam keadaan rapi
  6. Wajib menggunakan deodorant
  7. Parfum yang digunakan harus wangi namun tidak terlalu menyengat
  8. Menggunakan perhiasan diperbolehkan, namun masih dalam tahap batas wajar
  9. Menggunakan seragam harus selalu bersih, rapi dan sesuai dengan ketentuan yang tertulis oleh perusahaan
  10. Menggunakan sepatu hitam dan dalam kondisi bersih
  1. Standar Penampilan Bagi Petugas Penerbangan Berjenis Kelamin Wanita
  2. Daerah tangan khususnya kuku harus selalu bersih dan rapi, serta dilarang mengenakan cat kuku
  3. Tidak berlebihan dalam menggunakan kosmetik, harus dalam batas wajar
  4. Dalam penataan rambut harus ditata sesuai dengan gaya rambut (biasanya ada beberapa maskapai yang mengharuskan gaya penataan rambut tertentu)
  5. Boleh menggunakan deodorant untuk mengantisipasi jika bau badan menyengat
  6. Parfum yang digunakan harus wangi, namun tidak terlalu menyengat
  7. Menggunakan perhiasan diperbolehkan, namun masih dalam tahap batas wajar
  8. Menggunakan seragam harus selalu bersih, rapi dan sesuai dengan ketentuan yang tertulis oleh perusahaan
  9. Menggunakan sepatu hitam dan dalam kondisi bersih

Adapun manfaat dari penerapan grooming, khususnya di dalam dunia penerbangan yaitu penampilan petugas tentunya berkaitan dengan cara menggunakan pakaian yang dikenakan. Untuk dunia penerbangan, pada umumnya pegawai akan mengenakan seragam yang mengatasnamakan perusahaan, baik petugas bandara maupun pegawai maskapai penerbangan. Nah, dengan penampilan yang rapi tersebut dapat memberikan daya tarik terhadap pelanggan.

Selain itu, pelanggan akan memberikan kesan percaya terhadap pelayanan. Seperti yang kita ketahui bahwa penampilan fisik seseorang merupakan suatu gambaran jati diri yang bisa diperlihatkan. Nah, semakin bersih dan rapi serta menarik penampilan seorang petugas penerbangan, maka pelanggan pun akan semakin menaruh rasa kepercayaan pada maskapai penerbangan yang mereka pilih.

Baca: Ruangan-Ruangan yang Ada di Pesawat

Apakah kamu ingin menjadi petugas penerbangan di salah satu maskapai penerbangan impianmu? Maka disarankan untuk mengikuti sekolah penerbangan terlebih dahulu, dan di Diklat NASA bisa menjadi pilihan terbaik.

Kamu akan mendapatkan kematerian mengenai grooming di dalam dunia penerbangan, bahkan tak lupa dengan attitude yang harus dimiliki para petugas penerbangan. Karena grooming dan attitude ini satu paket yang harus dipahami serta dilaksanakan dengan baik karena hal itu merupakan syarat jika ingin menjadi petugas penerbangan yang profesional.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?