Prama atau Prami Kereta Api dan Keuntungan-Keuntungannya

Keuntungan Menjadi Pramugari Kereta Api

Prama atau Prami Kereta Api dan Keuntungan-Keuntungannya

Prama atau Prami Kereta Api dan Keuntungan-Keuntungannya – Selama ini mungkin kita hanya tahu jika yang memiliki pramugara/i hanyalah maskapai penerbangan. Ternyata di kereta api juga ada pramugara dan pramugarinya lho.

Mereka biasanya disebut dengan Prama dan Prami. Mereka punya tugas yang cukup berat, seperti melayani seluruh penumpang dengan memberikan pelayanan yang maksimal agar penumpang eksekutif dan bisnis merasakan kenyamanan yang maksimal.

Tak hanya itu, tugas dari Prama dan Prami Kereta Api ini juga membantu penumpang untuk menemukan tempat duduknya, memastikan bahwa fasilitas-fasilitas seperti selimut dan bantal sudah tertata dengan rapi sebelum penumpang memasuki kereta.

Menjual makanan di kereta juga merupakan bagian dari tugas Prama dan Prami. Mereka juga harus siap sedia di restorasi sampai perjalanan berakhir. Wah… cukup berat bukan?

Prama dan Prami juga dituntut untuk mampu berbicara bahasa asing dan memiliki kondisi fisik yang kuat. Karena penumpang pemegang tiket kereta api eksklusif tak hanya warga negara lokal saja, melainkan dari berbagai wisatawan di berbagai penjuru dunia.

Perlu kamu ketahui juga, Prama dan Prami harus hadir di stasiun pemberangkatan kurang lebih sekitar 90 menit sebelum keberangkatan kereta. Mereka harus mempersiapkan hal-hal seperti ketersediaan makanan dan minuman, serta kelengkapan fasilitas.

Apabila ada fasilitas yang hilang, maka Prama dan Prami harus bersedia mengganti fasilitas yang hilang tersebut. Dengan memiliki beban kerja yang cukup berat tak membuat Prama dan Prami pantang menyerah. Mereka tetap semangat dan tetap berperilaku sopan sesuai dengan Semboyan 7S, yaitu: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat dan Siap Melayani.

Dibalik beban kerja dari Prama dan Prami yang cukup berat, namun ada berbagai keuntungan yang mereka dapatkan lho. Apa saja keuntungannya? Ini dia:

  1. Menjadi seorang Prama atau Prami tentu pekerjaan yang sangat mengasyikan yang bisa berwisata sambil bekerja. Ketika seorang Prama atau Prami melakukan perjalanan maka akan berkunjung dan bersinggah sementara, bisa menempati hotel atau tempat lainnya yang telah difasilitasi oleh maskapai kereta api tempat mereka bekerja.
  2. Gaji (Salary) yang besar dengan jaminan kesehatan dan tunjangan serta jenjang karir yang oke. Belum lagi kalau naik jabatan pasti gaji pun ikut meningkat.
  3. Untuk seorang Prami sangat penting bagi wanita mendapatkan pengalaman makeup agar selalu tampil cantik dan perfect di depan publik. Begitu pun dengan Prama, dengan terbiasa berpenampilan menarik pun ini cukup jadi sebuah keuntungan.
  4. Semakin menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengatasi penumpang yang tiba-tiba sakit di kereta.
  5. Bisa menjadi banyak karakter seperti dokter, perawat, psikolog dan lain sebagainya sekaligus. Menakjubkan bukan? Karena sebelum mereka menjadi Prama dan Prami yang profesional, mereka akan menjalani training dan pelatihan Prama/i.
  6. Diberi pengetahuan cara memadamkan api yang tentu ini menjadi suatu keuntungan atau kelebihan menjadi seorang Prami yang sangat jarang didapatkan di pekerjaan/profesi lainnya untuk seorang wanita.
  7. Dibekali bagaimana cara mengevakuasi penumpang dan apa saja yang harus dilakukan pada saat kereta api mengalami keadaan darurat. Nah, bukankah tugas utama Prama/i adalah menjaga keselamatan dan melayani penumpang selama dalam perjalananan? Tentu saja!
  8. Apabila melakukan international trip, mereka bisa menemukan dan mempelajari budaya baru dari tempat yang dikunjunginya.

Baca: Peluang Kerja yang Menjanjikan di Dunia Penerbangan

Nah, itulah beberapa point keuntungan yang didapatkan oleh seorang Prama atau Prami. Jadi, apapun pekerjaannya, harus buat pekerjaan itu menjadi mulia dan apapun resikonya hadapilah dengan rasa sabar dan yakin.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?