Tahapan Tes AVSEC Angkasa Pura

Tahapan Tes AVSEC Angkasa Pura

Tahapan Tes AVSEC Angkasa Pura

Tahapan Tes AVSEC Angkasa Pura – PT Angkasa Pura (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang mengelola dan menjalankan bisnis Bandar udara di Indonesia. Perusahaan ini memberikan layanan lalu lintas udara terhadap berbagai perusahaan maskapai penerbangan yang menjalankan jasa transportasi udara.

Dengan keberadaan AVSEC tentu sangatlah penting mengingat betapa penting dan strategisnya kawasan bandara. Maka, apabila kamu ingin menjadi seorang AVSEC di Angkasa Pura, tidaklah mudah dalam prosesnya, kamu perlu mengikuti beberapa tahapan test yang harus dilalui diantaranya:

 

  1. Seleksi Administrasi

Pada seleksi administrasi ini berupa seleksi data di mana sebelumnya para pelamar sudah dipastikan mengisi formulir secara online. Formulir tersebut yang akan menjadi sebuah acuan bagi penguji apakah pelamar benar-benar bisa lanjut ke tahap selanjutnya ataukah tidak. Maka kamu perlu pastikan mengisi formulir dengan benar, tanpa melakukan kesalahan, karena seleksi administrasi ini langkah awal bagi kamu dan penentuan untuk mengikuti langkah berikutnya.

  1. Tes Fisik

Bagi pelamar yang diinyatakan gagal pada seleksi administrasi terpaksa tidak bisa mengikuti tes fisik. Karena system tes AVSEC di Angkasa Pura ini menggunakan system gugur. Sebenarnya tes fisik untuk calon AVSEC tidak jauh berbeda dengan tes fisik di kepolisian yang tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi fisik para pelamar. Maka dari itu, harus dipastikan sebelum melakukan tes fisik ini kondisi tubuhmu dalam keadaan prima. Supaya kamu dapat melakukan tes fisik ini dengan optimal.

  1. Tes Pengetahuan Umum, Substansial dan Bahasa Inggris

Punya fisik yang bagus saja tidak cukup bagi calon seorang AVSEC. Mereka juga harus memiliki wawasan yang luas, harus mumpuni dari segi pengetahuan umum, dan dapat berkomunikasi bahasa inggris dengan baik. Oleh karena itu, untuk menjadi AVSEC di Angkasa Pura terdapat tes pengetahuan umum, substansial dan bahasa inggris. Sebelum melakukan tes tersebut, tentu kamu perlu mempersiapkannya secara matang.

  1. Tes Psikologis

Untuk menjadi seorang AVSEC, kesehatan jiwa atau rohani termasuk mental yang bagus dan harus melakat pada dirinya. Maka dari itu, untuk tahap tes berikutnya setelah tes akademik yaitu tes psikotes. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis para pelamar, tes ini juga untuk mengetahui sifat pelamar dari segi psikologisnya. Pada tahap ini pun biasanya akan diuji oleh penguji yang paham dengan ilmu psikologi.

  1. Tes Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu faktor utama yang wajib dimiliki oleh seorang AVSEC, sehingga dalam menjalankan tugasnya menjadi petugas keamanan penerbangan dapat teratasi. Dalam tes kesehatan ini, kondisi kesehatan pelamar akan di cek secara keseluruhan. Selain tidak diizinkan memiliki penyakit berat, syarat menjadi AVSEC juga tidak boleh bermata minus, buta warna, mengidap hepatitis dan pernah mengalami patah tulang. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi performa kerjanya.

  1. Wawancara Akhir

Untuk langkah tes terakhir ini, wawancara akhir akan menjadi tahap penentu apakah pelamar bisa diterima atau tidak di Angkasa Pura. Pada tahap akhir ini akan mempertemukan antara pelamar yang sudah dinyatakan lolos pada tahapan-tahapan sebelumnya dengan direksi dari perusahaan. Maka dari itu, kamu perlu persiapan diri dengan baik untuk menghadapi tahap wawancara akhir ini.

 

Baca: Sekolah Pramugari di Jakarta

Persaingan yang ketat jelas akan kamu hadapi ketika kamu mengikuti tes AVSEC di Angkasa Pura. Secara Angkasa Pura  menjadi salah satu perusahaan favorit para calon AVSEC. Nah, apabila kamu memiliki keinginan untuk berkarir menjadi AVSEC di Angkasa Pura, alangkah lebih baiknya kamu mengikuti sekolah penerbangan program AVSEC di Diklat NASA.

Diklat NASA akan menghantarkan dirimu pada karir yang cemerlang dan kamu memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan atau maskapai impianmu, termasuk perusahaan Angkasa Pura. Yuk, daftarkan dirimu segera di Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?