5 Cara Memilih Karir yang Tepat untuk Lulusan SMA /k

5 Cara Memilih Karir yang Tepat untuk Lulusan SMA

5 Cara Memilih Karir yang Tepat untuk Lulusan SMA /k

5 Cara Memilih Karir yang Tepat untuk Lulusan SMA /k – Bagi kamu yang lulusan SMA/k jangan berpikiran negatif dulu akan sulit mendapatkan pekerjaan. Buktinya, banyak orang yang sukses hanya dengan menggenggam ijazah SMA/k. seseorang yang bersekolah di tingkat SMA, umumnya diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.

Sementara SMK membekali siswanya dengan keahlian dan keterampilan untuk siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nantinya. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk meneruskan pendidikan dengan berbagai macam alasan. Sehingga jalan satu-satunya adalah bekerja pasca lulus sekolah.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara memilih karir yang tepat untuk kamu yang lulusan SMA/k. Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk para lulusan SMA/k:

 

  1. Customer Service

Tidak hanya lulusan SMA/k saja yang melamar sebagai posisi customer service, bahkan lulusan perguruan tinggi pun banyak yang melamar untuk posisi ini. Profesi ini bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat.

Seorang customer service harus mampu menghadapi keluhan para pelanggan dan mampu menjelaskan penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan sampai mereka mengerti. Selain itu, peran customer service juga sebagai komunikator serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Baca: 7 Tips Berhenti Overthinking yang Bisa Kamu Lakukan

  1. Sales Marketing

Profesi sebagai sales marketing bisa kamu raih walah kamu lulusan SMA/k. Pekerjaan ini cukup berat dijalankan dengan gaji yang tidak menentu karena bergantung pada target yang dicapai. Akan tetapi, apabila kamu mampu memengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk, maka akan menjadi keuntungan untukmu. Jadi, semuanya bergantung pada targetan yang kamu capai, bahkan kamu pun bisa saja mendapatkan bonus dari hasil closing penjualan.

  1. Operator Produksi

Jika kamu lulusan SMA/k, kamu bisa bekerja sebagai operator produksi di berbagai bidang industry yang luas. Meski banyak tenaga manusia yang kini digantikan dengan mesin-mesin yang canggih, tapi hampir semua pabrik masih membutuhkan tenaga dari manusia. Nah, sebagai operator produksi kamu dituntut untuk tidak mudah bosan karena setiap hari kamu akan mengerjakan hal-hal itu saja.

  1. Anak Buah Kapal (ABK)

Kebanyakan dengan profesi ini adalah lulusan SMA yang kemudian pelatihan kerja sebagai ABK. Adapun berbagai posisi yang ditawarkan untuk bekerja di atas kapal yaitu koko, teknisi, waiter, dan tenaga kebersihan. Pekerjaan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan lho.

Tapi gaji yang didapat juga lumayan tinggi. Belum lagi kamu juga akan mendapatkan tunjangan-tunjangan lain di luar gaji pokok. Jadi, profesi bagi lulusan SMA pun cukup jadi karir yang menjanjikan.

  1. Staff Penerbangan

Menjadi bagian dari pekerja staff penerbangan merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan oleh banyak orang. Jangan salah lho, untuk menjadi staff penerbangan juga bisa dari lulusan SMA/k. Jangan pikir dari pendidikan yang lebih tinggi saja yang mampu menjadi staff penerbangan.

Nah, jika kamu bermimpi menjadi bagian dari staff penerbangan seperti pramugara/i, airline staff atau pun AVSEC kamu bisa mendaftar dan lebih baik mengikuti sekolah penerbangan terlebih dahulu. Salah satu sekolah penerbangan terbaik di Jawa Barat yaitu Diklat NASA.

Diklat NASA telah terakreditasi A dan memiliki lisensi resmi serta telah mendapatkan perizinan dari Disnaker. Lewat Diklat NASA ini, walaupun kamu hanya lulusan SMA/k, tentu ada peluang untuk bekerja menjadi staff penerbangan yang kamu impikan. Kamu hanya perlu mengikuti sekolah penerbangan selama 3 bulan di Diklat NASA. Setelah lulus, ada bursa kerja yang menjadi kesempatan kamu untuk bisa bekerja di maskapai impian.

Baca: 7 Tips Jadi Pemimpin yang Kompeten di Dunia Kerja

Nah, itulah beberapa cara dalam memilih karir yang tepat bagi kamu yang hanya lulusan SMA/k. semuanya kembali lagi kamu yang memutuskan. Salah satu caranya adalah dengan bekerja menjadi staff penerbangan. Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan, selain gaji yang tinggi kamu akan memiliki jenjang karir yang bagus. Yuk, segera daftarkan dirimu di Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?