8 Tips Atasi Bayi Rewel Saat di Pesawat

8 Tips Atasi Bayi Rewel Saat di Pesawat

8 Tips Atasi Bayi Rewel Saat di Pesawat

8 Tips Atasi Bayi Rewel Saat di Pesawat – Membawa buah hati pergi ke suatu tempat untuk mengenalkan dunia luar kepada dirinya tentu akan menjadi cerita yang menyenangkan. Akan tetapi, gimana jadinya bila saat perjalanan seperti di pesawat, anak justru menangis atau rewel? Orang tua haru sigap menghadapi situasi ini dan menyiapkan banyak hal sebelum hal itu terjadi. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips atasi bayi rewel saat di pesawat, diantaranya:

 

  1. Pilih Jam Terbang yang Tepat

Langkah paling awal yang bisa dilakukan adalah memilih jam penerbangan. Orangtua bisa menyiasatinya dengan memilih penerbangan saat jam tidur si buah hati. Misalnya, kamu bisa memilih jam untuk penerbangan di siang hari setelah makan, saat anak tidur siang atau sore menjelang malam. Dengan begit, selama penerbangan bayi akan tertidur dengan mudahnya.

 

  1. Pesan Kursi Tambahan

Dengan memesan kursi tambahan, tujuannya adalah untuk menaruh car seat pada bangku pesawat agar bayi merasa lebih nyaman dan aman. Bahkan menurut ahli pediatric dari Mercy Medical Center di Baltimore yaitu Ashanti Woods mengatakan bahwa anak akan merasa lebih nyaman apabila ia duduk di kursinya sendiri. Jadi, pastikan untuk para orangtua memesan kursi tambahan untuk si buah hati.

 

  1. Pertimbangkan Posisi Kursi

Setelah itu, kamu juga perlu mempertimbangkan posisi kursi. Saat memilij kursi pesawat disarankan untuk memilih posisi kursi yang berada di dekat lorong dan ada di bagian depan. Dengan begitu, orangtua akan lebih mudah keluar dari bangku saat sang buah hati menangis.

 

  1. Perhatikan Susu, Popok dan Baju

Jangan lupa untuk memperhatikan dalam pemberian susu atau ASI, pemakaian pokok dan baju. Sebaiknya orangtua memberikan susu atau ASI sebelum pesawat lepas landas dengan tujuan selama penerbangan anak akan tertidur. Secara bayi akan merasa nyaman dan cukup makan, sehingga beberapa jam selanjutnya akan tertidur.

Saat pesawat sudah lepas landas, orangtua bisa memberikan ‘empeng’ sebagai salah satu langkah mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan. Selain itu disarankan juga agar orangtua memastikan popok anak dalam keadaan bersih. Untuk soal baju, gunakan baju yang nyaman dan mudah diganti. Apabila ada masalah seperti terkena tumpahan makanan bisa dengan mudahnya diganti.

 

  1. Membawa Kantung

Dengan membawa kantung, dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti salah satunya ketika sehabis mengganti popok anak, kantung ini bisa digunakan sebagai tempat untuk menaruh popok bekas sebelu, dibuang.

 

  1. Pakaikan Bayi Earmuff atau Ear Plug

Hal ini bertujuan agar telinga bayi tidak sakit saat mengalami tekanan udara di kabin serta mengurani paparan bayi terhadap suara dan membuatnya lebih mudah tidur.

 

  1. Membawa Mainan Kesukaan Bayi

Beberapa penerbangan ada yang menyediakan goody bag untuk anak kecil. Akan tetapi lebih baik orangtua menyiapkan mainan favorit sang buah hati untuk membuat ia sibuk dan mengalihkan perhatiannya dari rasa bosan.

 

  1. Pastikan Bayi Tetap Hangat Sepanjang Penerbangan

Sebaiknya hindari arah semburan hawa AC langsung ke arah bayi. Sebelum naik pesawat, pastikan lengkapi bayi dengan pakaian yang hangat, sarung tangan, kaos kaki, dan topi atau kupluk karena suhu kabin cenderung dingin. Apabila perlu, kamu bisa meminta bantal atau selimut tambahan kepada awak kabin.

 

Baca: Safety Demo di Pesawat

Nah, itulah beberapa tips atasi bayi rewel saat di pesawat. Selamat mencoba ya! Akan tetapi, para orangtua harus melakukan pencegahan terlebih dahulu seperti poin-poin di atas agar anak tidak rewel saat di pesawat. Ketika bayi nyaman dan aman, orangtua pun akan tenang dan senang. Semoga informasi ini bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?