Batas Usia Pensiun Staff Penerbangan di Indonesia

Batas Usia Pensiun Staff Penerbangan di Indonesia

Batas Usia Pensiun Staff Penerbangan di Indonesia

Batas Usia Pensiun Staff Penerbangan di Indonesia – Setiap profesi tentunya memiliki masa pensiunnya masing – masing. Seperti halnya staff penerbangan di Indonesia yang memiliki batas usia pensiunnya tertentu. Dengan tugas yang diembannya, dalam melayani penumpang, pastinya usia menjadi parameter berharga dalam kinerja kerja.

Biasanya Batas umum usia pensiun pramugari adalah 36 tahun, namun ada juga yang bisa pensiun di angka 40 tahun, dengan catatan masih memiliki penampilan yang layak dan menarik. Tapi kalau merunut dari pasal 57c PKB atau perjanjian kontrak Bersama di Maskapai Garuda Indonesia, maka batas usia pensiun staff penerbangan adalah 56 tahun.

Selain menetapkan Batas usia pensiun staff penerbangan, di dalam perjanjian kontrak Bersama juga dipaparkan tentang penyelenggaraan program jaminan pensiun.

Mengapa Batas Usia Pensiun dan Staff Penerbangan Berbeda?

Staff Penerbangan dan Pramugari adalah dua profesi yang berbeda, sehingga kebijakan yang dibuatnya pun memiliki perbedaan tersendiri. Staff penerbangan, memiliki tugas melayani penumpang yang hendak memulai keberangkatan dan juga penumpang yang telah selesai melakukan perjalanannya. Dan hal itu dilakukan di bandara tanpa berpindah-pindah dari satu tujuan ke tujuan lainnya.

Berbeda lain halnya dengan pramugari atau pramugara yang melakukan perjalanan dari tujuan awal hingga tujuan akhir. Karena pramugari atau pramugara memiliki cakupan tanggung jawab dalam melayani penumpang selama di perjalanan. Itu sebabnya, profesi tersebut menuntut kondisi tubuh yang fit dan sehat. Sehingga batas usia pensiun pramugari atau pramugara adalah 36 tahun.

Apakah setelah usia melewati batas usia pensiun, masih bisa berkarir di dunia penerbangan?

Dalam beberapa kondisi, Adapun yang pada akhirnya berkarir di dunia penerbangan setelah melewati batas usia pensiunnya. Contohnya seperti Pramugari yang telah pensiun, yang kemudian menjadi instruktur pramugari atau staff penerbangan di bagian lainnya.

Baca: Berapa Lama Kontrak Kerja Staff Penerbangan di Indonesia?

Terbukti bahwa berkarir di dunia penerbangan memberikan banyak peluang yang berharga. Bahkan setelah pensiun pun akan mendapatkan uang pensiun seperti layaknya PNS. Jadi, daftarkan dirimu di Diklat NASA, untuk mempelajari keterampilanmu sebelum berkarir di dunia penerbangan.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?