Mini Cabin, Fasilitas Penunjang Diklat NASA

Mini Cabin, Fasilitas Penunjang Diklat NASA

Mini Cabin, Fasilitas Penunjang Diklat NASA

Mini Cabin sebagai Fasilitas Penunjang di Diklat NASA – Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal.

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Kriteria minimum sarana yaitu terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah.

Sedangkan kriteria minimum prasarana yaitu terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah. Seperti halnya pada sekolah penerbangan Diklat NASA yang memiliki berbagai macam fasilitas untuk menunjang pendidikan.

Seperti adanya alat praktik, lab komputer, ruang kelas, aula, front office dan lain sebagainya termasuk fasilitas Mini Cabin. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Mini Cabin sebagai penunjang fasilitas Diklat NASA. Sebuah kabin pesawat adalah bagian dari suatu pesawat terbang yang ditumpangi oleh penumpang, biasanya hanya disebut dengan kabin.

Dalam hal ini, Diklat NASA memiliki fasilitas berupa mini kabin karena sebagai alat praktik bagi para peserta didik. Mini kabin ini dibuat seolah-seolah seperti kabin sungguhan dalam pesawat, jadi hanya dibuat lebih kecil. Nah, jadi untuk para awak kabin seperti pramugara/pramugari bisa menggunakan mini cabin sebagai tempat berlatih ketika menghadapi para penumpang.

Ketika sedang berada di mini kabin, para peserta didik seolah-olah sedang membayangkan dirinya berada di dalam pesawat yang sesungguhnya. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai simulasi supaya ketika di dunia kerja, mereka telah mengetahui terlebih dahulu bagaimana sikap atau peranan mereka saat berada di kabin pesawat. Tentu fasilitas mini cabin ini sangat membantu untuk melatih kemampuan praktek peserta didik.

Para peserta didik harus mengetahui aturan dan bagaimana penggunaan kabin pesawat seperti dalam perjalanan udara komersial, khususnya pada pesawat penumpang sipilm kabin dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Hal ini terdiri dari bagian kelas perjalanan pada pesawat ukuran mengengah dan besar, area untuk awak penerbangan, dapur kabin dan penyimpanan keperluan selama penerbangan.

Selain itu, kursi pada umumnya diatur secara jendela dan gang. Semakin tinggi kelas perjalanannya, semakin banyak area kosong yang dibutuhkan. Nah, kabin dari kelas perjalanan yang berbeda biasanya dipisah oleh tirai, terkadang disebut dengan pembagi kelas. Penumpang biasanya tak dibolehkan mengunjungi kabin kelas perjalanan lain pada penerbangan komersial.

Di dalam kabin pun terdapat bagasi kabin untuk menyimpan barang/benda penumpang pesawat. Nah, bagasi kabin hanya mencakup barang/benda yang cocok untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Maksudnya, batas minimum berat benda adalah 7 kg. Satu hal yang perlu diketahui oleh awak kabin bahwa apabila bagasi kabin yang dibawa penumpang melebihi ketentuan, maka akan dipindahkan ke dalam bagasi terdaftar dan dihitung beratnya ke dalam jatah bagasi terdaftar yang penumpang miliki.

Jadi kesimpulannya, mini kabin memiliki fungsi yang sangat penting sebagai fasilitas penunjang yang ada di Diklat NASA, mini kabin dirancang sedemikian rupa agar menyerupai kabin sungguhan, hanya saja fasilitas mini kabin ini dibuat kecil, sehingga para peserta didik mampuĀ  berlatih untuk praktik layaknya seperti sedang berada di kabin pesawat yang sesungguhnya.

Baca: Daftar Emergency Equipment di Pesawat

Bagi kamu yang ingin mengikuti pendidikan sekolah penerbangan, di DIKLAT NASA merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik di Jawa Barat. Untuk fasilitas, kami selalu mengedepankan kebersihan dan kenyamanan demi kebaikan bersama. Yuk, segera daftarkan dirimu di Diklat NASA untuk meraih cita-cita yang kamu inginkan!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?