Daftar Emergency Equipment di Pesawat

Daftar Emergency Equipment di Pesawat

Daftar Emergency Equipment di Pesawat

Emergency Equipment di Pesawat – Keselamatan merupakan salah satu hal yang harus diprioritaskan pada saat penerbangan. Oleh karena itu, dalam setiap penerbangan sebelum pesawat benar-benar terbang, awak kabin wajib menjelaskan dan mendemonstrasikan mengenai informasi keselamatan kepada para penumpang.

Setiap maskapai penerbangan diwajibkan menyiapkan beberapa equipment (alat) keselamatan di dalam pesawat. Semua itu agar semua selamat walau pesawat mengalami gangguan. Gangguan di pesawat ada bermacam-macam, mulai dari teknis, human error hingga terorisme. Berikut ini akan dibahas mengenai emergency equipment di pesawat, diantaranya:

 

  1. Kartu Keselamatan (Safety Information Card)

Hal pertama yang harus diketahui adalah kartu keselamatan. Kartu keselamatan ini berisi tentang cara menyelamatkan diri dari pesawat. Di kartu tersebut, terdapat penjelasan secara tertulis. Selain itu, didalamnya juga terdapat gambar-gambar sehingga lebih mudah untuk dipahami. Kita bisa mengetahui posisi-posisi pintu keselamatan yang ada di pesawat.

Tak hanya itu, didalamnya juga dijelaskan bagaimana memakai pelampung dan safety belt dan lain sebagainya. Nah, letak kartu keselamatan ini biasanya berada di kantung depan kursi. Dengan kartu ini pun kita akan lebih mudah memahami intruksi keselamatan yang diperagakan oleh awak kabin.

 

  1. Sabuk Pengaman (Safety Belt)

Sabuk pengaman adalah salah satu alat keamanan yang penting dalam penerbangan. Fungsi dari sabuk pengaman ini akan melindungi tubuh kita apabila terjadi goncangan. Biasanya sabuk pengaman ini terdiri dari 2 macam yakni sabuk khusus untuk anak-anak dan orang dewasa.

Kita wajib menggunakan sabuk pengaman ketika lampu yang digunakan sebagai penanda penggunaan sabuk pengaman menyala. Kita pun harus memastikan dan mempelajarinya dengan benar bahwa kita bisa memasang dan melepaskan sabuk pengaman dengan cepat. Karena jika terjadi hal yang emergency (darurat), kita tidak akan merasa kepanikan karena kesulitan melepas atau memasang sabuk pengaman.

 

  1. Masker Oksigen (Oxygen Mask)

Ketika berada di dalam pesawat, tekanan udara akan berbeda dengan tekanan udara di luar. Pesawat memiliki sebuah sistem yang mengatur hal tersebut sehingga udara di dalam pesawat tidak melebihi batas yang telah ditentukan sehingga masker oksigen akan keluar secara otomatis dan setiap maskapai sudah pasti menyediakan masker oksigen ini.

Jika masker oksigen keluar, maka yang harus dilakukan adalah menarik masker oksigen tersebut dan langsung memakainya. Kita harus bisa memasangnya kurang dari lima belas detik, jika tidak kita bisa saja pingsan.

 

  1. Baju Pelampung (Life Vest)

Baju pelampung merupakan alat yang sangat penting saat terjadi emergency. Karena biasanya pesawat akan melakukan pendaratan darurat di laut. Baju pelampung ini biasanya diletakkan di bawah kursi atau tempat duduk. Hal yang terpenting adalah  sebelum berangkat kita harus benar-benar mengecek apakah baju pelampung itu benar-benar ada di bawah kursi.

Baju pelampung ini pada umumnya terdiri dari dua ukuran yakni khusus anak-anak dan orang dewasa. Baju pelampung akan otomatis mengembang jika ditarik tuasnya, terdapat juga sebuah lampu kecil yang bisa menyala saat terendam air yang memiliki fungsi memudahkan tim SAR untuk menemukan korban untuk proses evakuasi.

 

  1. Jalur, Pintu Evakuasi dan Rakit Keselamatan

Setiap pesawat memiliki pintu darurat serta rakir keselamatan. Di sini peran awak kabin akan menjelaskan tentang arah pintu darurat dan letak rakit keselamatan. Selain itu, diarakahkan pula bagaimana jalur evakuasinya. Kita harus tahu pasti dan menghitung berapa jarak antara kursi dengan pintu darurat.

Jika pesawat mengeluarkan asap, yang harus dilakukan adalah menunduk di lantai pesawat dan mengikuti lampu yang ada di lantai untuk menuju pintu darurat. Pintu darurat sangat berat, maka untuk membukanya yaitu dengan menyandarkan badan ke pintu darurat agar pintu lebih mudah terbuka dengan dorongan yang dilakukan tangan dan tubuh.

Baca: Direktur Utama Diklat NASA Sebagai Ketua Forum PLKP

Nah, itulah beberapa emergency equitment di pesawat yang harus kita ketahui. Karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan melakukan hal-hal di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?