Kalimat-Kalimat Anti Penolakan yang Bermanfaat Bagi Airline Staff

Kalimat-Kalimat Anti Penolakan yang Bermanfaat Bagi Airline Staff

Kalimat-Kalimat Anti Penolakan yang Bermanfaat Bagi Airline Staff

Kalimat-Kalimat Anti Penolakan yang Bermanfaat Bagi Airline Staff – Kata-kata atau kalimat yang kita pilih dalam berinteraksi bisa meninggalkan efek yang luar biasa terhadap lawan bicara. Itulah mengapa orang-orang yang bekerja di bidang yang langsung berhubungan dengan konsumen harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seperti customer service contoh dari profesi tersebut. Bahkan jika di dunia penerbangan, ada profesi Airlines Staff yang memiliki peran dalam melayani para konsumen.

Bahasa merupakan salah satu hal yang bisa menjadi penentu baik buruknya suatu layanan seorang customer service termasuk pada Airlines Staff ini. Oleh karena itu, pemilihan kata harus sangat diperhatikan agar tidak timbul pengalaman buruk kepada pelanggan. Berikut akan dijelaskan mengenai contoh kalimat-kalimat anti penolakan yang biasa digunakan customer service termasuk untuk profesi Airlines Staff, diantaranya:

 

  1. Welcoming Customers

Bagian ini bisa menentukan kesan pertama yang akan diterima oleh pelanggan terhadap pelayanan customer service. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan cara dalam memberi salam dan cara menyambut konsumen harus ramah, hangat dan positif. Berikut contoh kalimat yang cocok digunakan sebagai pembuka dengan pelanggan, diantaranya:

  • Selamat pagi/siang/malam. Terimakasih telah menghubungi [nama perusahaan] Anda sedang terhubung dengan [nama customer service]. Ada yang bisa saya bantu?
  • Selamat datang di pelayanan pelanggan [nama perusahaan]. Saya [nama costumer service]. Ada yang bisa saya bantu?

 

  1. Acknowledging Customers

Setelah pelanggan menyampaikan permintaan atau masalahnya, customer service bisa meresponnya dengan menggunakan kalimat ini:

  • Saya meminta maaf atas masalah yang sedang Anda hadapi. Kamu akan mengatasinya secepat mungkin.
  • Saya menyadari bahwa situasi ini sulit, tetapi jangan khawatir kamu akan mencarikan solusinya untuk Anda.

 

  1. Asking More Information

Kalimat di bawah ini digunakan ketika customer service membutuhkan informasi tambahan untuk mendiagnosis masalah yang sedang dihadapi oleh pelanggan. Contoh kalimatnya seperti:

  • Bisakah Anda [tindakan yang dibutuhkan dari pelanggan] sehingga saya bisa [tindakan dari customer service]?
  • Dari apa yang saya pahami [masalah [pelanggan], akan sangat membantu apabila Anda bisa [tindakan yang dibutuhkan dari pelanggan].

 

  1. Comforting Customers

Pada tahap ini, penting bagi customer service untu menenangkan dan meyakinkan pelanggan. Karena suasana hati pelanggan biasanya akan berubah negative setelah mereka menceritakan masalahnya. Adapun contoh kalimat yang dapat digunakan pada tahap ini yaitu:

  • Terimakasih telah memberi tahu kami masalah ini. Sekarang mari kita cari solusinya.
  • Tentu saja, saya akan meyakinkan bahwa masalah ini dapat diatasi segera.

 

  1. Giving Instructions

Pada tahap ini adalah customer service memberikan instruksi kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan:

  • Inilah yang bisa Anda lakukan untuk ….
  • Yang harus Anda lakukan adalah …..
  • Silahkan ikuti prosedurnya untuk mengatasi masalahnya adalah ….

 

  1. Taking Responsibility for the Problem

Customer service harus profesional dan mengakui bahwa yang bertanggungjawab adalah pihak perusahaan. Terkadang masalah terjadi karena kesalahan/kelalaian perusahaan, bukan karena kesalahan pelanggan. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan:

  • Sepertinya kami telah melakukan kesalahan
  • Saya khawatir kelalaian disebabkan oleh pihak kami
  • Mohon maaf, sepertinya terjadi kekeliruan

 

  1. Making Suggestions on Solutions

Customer service harus mampu menawarkan solusi kepada pelanggan, contoh kalimatnya seperti:

  • Apakah Anda ingin mengganti tiket yang rusak dengan yang baru?
  • Mungkin kami bisa bantu dalam pengisian data lengkap Anda sebelum Anda melakukan penerbangan.

 

  1. Apologizing for Inability to Help

Kadangkala ada masalah yang tidak bisa dbantu untuk diselesaikan oleh customer service. Dalam hal ini, sebaiknya jelaskan kepada pelanggan mengapa kita tidak mampu membantunya, contoh kalimatnya seperti:

  • Saya harap saya bisa membantu Anda, tetapi ini diluar kendali kami.
  • Maaf ini bertentangan dengan kebijakan perusahaan kami.

 

  1. Handling Angry Customers

Saat pelanggan sedang marah atau kesal, kamu bisa gunakan kalimat berikut ini:

  • Saya sadar bahwa ini membuat Anda tidak nyaman. Mohon biarkan saya mencari solusinya.
  • Saya hargai kesabaran Anda akan hal ini.

 

  1. Closing The Service

Sama seperti pembuka, penutup pembicaraan juga tidak kalah pentingnya. Kalimat yang bisa digunakan diantaranya:

  • Saya senang dapat membantu Anda hari ini. Jangan ragu untuk meminta bantuan kami kembali apabila Anda membutuhkan bantuan.

 

Baca: Tips Pramugari Tetap Ramping

Nah, itulah beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan oleh customer service terhadap pelanggannya. Sehingga dengan kalimat-kalimat tersebut, pelanggan pun dapat menerima dengan baik dan kemungkinan besar tidak akan menolak. Untuk contoh di atas juga bisa diterapkan dalam profesi Airlines Staff yang bertugas pada bagian service atau pelayanan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment