Keahlian Beladiri Bagi Seorang Pramugari

Keahlian Beladiri Bagi Seorang Pramugari

Keahlian Beladiri Bagi Seorang Pramugari

Keahlian Beladiri Bagi Seorang Pramugari – Sebagian orang mungkin ada yang beranggapan kalau tugas pramugari itu hanya sebatas melayani penumpang di pesawat, tetapi realitanya tidak sesederhanana itu. Mereka juga harus dapat memastikan keselamatan penumpang selama penerbangan berlangsung.

Tidak hanya soal tampil cantik dan menarik, menjadi seorang pramugari memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Maka dari itu, mereka perlu dilatih dengan disiplin sebelum akhirnya boleh terjun langsung melayani penumpang.

Seorang pramugari juga harus bisa mempertahankan diri serta memimpin evakuasi pada segala situasi dan kondisi. Maka dari itu, keahlian beladiri pun harus pramugari miliki. Lalu, apa sajakah manfaat beladiri bagi seorang pramugari? Ini dia manfaatnya:

  1. Sebagai Bentuk Perlawanan Terhadap Tindak Kejahatan/Kekerasan di Pesawat

Kejadian kekerasan fisik bisa terjadi di mana saja lho. Bahkan di pesawat pun tidak menutup kemungkinan. Seperti tindakan kekerasan pukulan, cekikkan, tendangan dan lain-lain sampai pada kekerasan seksual seperti pemerkosaan, pencabulan, prostitusi, eksploitasi seksual dan lain sebagainya.

Nah, bentuk-bentuk kekerasan tersebut juga harus dicegah dengan tegas. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi calon pramugari untuk memiliki dan menguasai ilmu beladiri sebagai bentuk perlawanan dan penyelamatan diri sesegera mungkin dari berbagai aksi kejahatan yang mungkin terjadi.

 

  1. Memiliki Fisik Tubuh yang Kuat

Bagaimana jadinya jika seorang pramugari memiliki fisik yang lemah? Mungkin jika begitu akan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berlaku semena-mena terhadap dirinya. Maka dari itu, menjadi seorang pramugari yang memiliki fisik tubuh yang kuat sudah pasti akan membuat tidak mudah diganggu dan diremehkan oleh orang lain.

Berlatih karate bisa menjadi pilihan latihan terbaik bagi seorang pramugari untuk membentuk fisik tubuh yang kuat karena dengan beragam gerakan pada karate memang bertujuan untuk melatih kekuatan tubuh. Jadi, jika terjadi hal kejahatan ataupun kekerasan, pramugari siap menghadapi dan menjalankan tugasnya serta mengatasinya dengan baik.

  1. Membangun Mentalitas yang Positif

Selain fisik yang kuat, mental yang kuat pun justru akan membuat seorang pramugari akan jauh terlihat lebih berwibawa dan mempesona. Bagaimana tidak? Dibalik kecantikannya yang sangat anggun, pramugari memiliki kepercayaan diri, keberanian dan kewaspadaan. Hal tersebut adalah kepribadian yang terbentuk seiring ketika berlatih beladiri. Kemampuan dan kekuatannya pun akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Nah, untuk pengendalian emosi juga perlu dijaga karena merupakan suatu etika dalam beladiri. Jadi, dengan beladiri pun dapat membentuk mental yang baik serta positif.

  1. Mampu Menjaga Kesehatan

Dengan adanya tuntutan pekerjaan yang tidaklah mudah, mengharuskan seorang pramugari untuk selalu dalam keadaan fisik yang prima agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Berlatih karate dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengencangkan otot-otot tubuh sehingga metabolisme dalam tubuh mampu bekerja dengan baik.

  1. Mampu Mengasah Kecerdasan

Ternyata kecerdasan juga dapat diasah melalui latihan beladiri lho, karena pada hakikatnya beladiri dapat menuntut kita untuk berpikir bagaimana teknik dan taktik yang tepat untuk melindungi diri dan melumpuhkan lawan. Melalui beladiri pun akan terbiasa dan terlatih untuk berpikir demi meningkatkan kecerdasan baik emosional maupun intelektual.

Nah, itulah beberapa manfaat pentingnya keahlian beladiri bagi seorang pramugari. Dengan begitu, pramugari dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Pelatihan beladiri memang sengaja diberikan sebagai usaha perlindungan para pramugari yang kerap mendapatkan perlakuan kasar dari para penumpang.

Baca: Perbedaan AVSEC dan Security di Bandara

Bagi kalian yang tertarik dan berminat menjadi seorang pramugari, ikutilah pendidikan di Diklat Nasa. Di sini kalian akan diberikan wawasan dan pengetahuan beserta prakteknya untuk menjadi calon pramugari yang profesional. Pelatihan beladiri pun tentu akan menjadi salah satu pembelajaran yang diberikan di Diklat Nasa. Yuk, segera daftarkan dirimu!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?