Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate – Setelah lulus kuliah, bukan berarti harus bersantai dan tanpa melakukan tujuan apa pun. Justru dari situlah awal dari hidup yang terasa lebih berat. Karena setelah lulus kuliah, artinya mencari pekerjaan harus segera dimulai.

Belum lagi harus mampu menyesuaikan diri dalam memasuki dunia kerja yang profesional. Tentunya akan terasa lebih sulit. Nah, agar tidak gagal sebelum memulai, kamu perlu tahu kesalahan-kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh Fresh Graduate. Hindari kesalahan-kesalahan berikut:

 

  1. Tidak Ada Perencanaan Karir

Salah satu masalah yang sering dimiliki karyawan fresh graduate adalah tidak memiliki strategi perencanaan karir dan tidak tahu apa yang menjadi target kedepannya. Padahal dengan kamu memiliki rencana karir berarti kamu tahu akan tujuan karirmu.

Termasuk apa saja langkah yang harus dilakukan untuk mencapainya dan kamu pun akan fokus dalam kebaikan karirmu. Dengan tidak adanya perencanaan inilah yang membuat banyak fresh graduate melamar ke banyak perusahaan yang berbeda-beda dengan posisi yang berbeda-beda pula. Malahan sering terjebak menjalani pekerjaan yang sebenarnya tidak disukai.

 

  1. Yang Penting Bisa Kerja

Bagi seorang fresh graduate, dengan mendapatkan pekerjaan saja adalah hal yang paling penting dan berharga. Apalagi di tengah persaingan yang ketat di dunia kerja seperti saat ini. Jadi, mereka tidak pilih-pilih meskipun jenis pekerjaan yang akan mereka tekuni tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan maupun minatnya.

Memang sih, mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan tidak dilarang, terutama untuk mencari pengalaman. Akan tetapi pastikan bidang pekerjaan yang diambil adalah yang memang kamu sukai. Jangan sampai kamu merasa rugi karena pengalaman pendidikan tidak terpakai.

Baca: Chicken Mindset, Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan

 

  1. Tidak Disertai Usaha

Seorang fresh graduate seringkali berharap untuk sukses dalam bidang karir dan kehidupan mereka di masa depan, tetapi mereka tidak mau menyertai mimpinya itu dengan usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh. Misalnya jika kamu berharap bisa menjadi seorang yang bekerja di dunia penerbangan, tetapi tidak punya pengalaman ataupun mengikuti sekolah penerbangan, sebenarnya kamu bisa saja melakukannya.

Setidaknya dibekali terlebih dahulu dengan ilmu dan pengalaman magang. Terkadang orang akan merasa malas karena tidak dibayar. Akibatnya lamaran kerja ditolak karena tidak pernah punya pengalaman kerja sedikit pun.

 

  1. Terlalu Idealis

Seorang fresh graduate memang terkadang punya sifat idealis dan selalu memegang teguh terhadap prinsipnya, meskipun harus bertabrakan dengan kenyataan di lapangan. Namun kamu harus lebih bijaksana dalam menjunjung tinggi keidealisanmu itu. Perlu kamu ingat juga bahwa dunia kerja itu tidak sama dengan dunia perkuliahan dulu. Kamu perlu menyesuaikan di semua keadaan, coba untuk cari jalan tengahnya.

 

  1. Kurang Berinisiatif

Sebenarnya banyak fresh graduate yang memiliki kemampuan yang lebih namun tidak dimanfaatkan untuk meraih karir yang lebih tinggi. Alasannya karena beberapa hal seperti adanya rasa minder, malu atau pun tidak enakan karena masih merasa jadi anak baru. Padahal dunia kerja di masa kini memberikan peluang yang sama kepada lulusan fresh graduate untuk bisa bersaing dengan karyawan yang lebih senior.

Dengan tuntutan kerja yang lebih cepat dan teknologi yang semakin canggih menyebabkan lulusan fresh graduate biasanya lebih unggul. Terutama dalam hal ide kreatif, memberikan perspektif baru yang lebih segar dan biasanya out of the box.

 

  1. CV atau Resume yang Pas-Pasan

Dalam melamar pekerjaan tentu membutuhkan CV atau resume yang meyakinkan. Seringkali CV seorang fresh graduate dibiarkan polos tanpa ada hal menarik yang bisa ditonjolkan. Hal ini tentu yang menyebabkan kamu jadi sulit dipanggil untuk test wawancara. Maka dari itu, buatlah CV yang menarik dan bisa mencantumkan beberapa prestasi dan pengalaman organisasi. Selain itu, kamu bisa melakukan internship untuk menambah pengalaman dan membuat CV jadi lebih keren.

Baca: Cara Belajar Ala Pemimpin Sukses Dunia

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh fresh graduate. Maka sebaiknya untuk dihindari ya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?