Chicken Mindset, Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan

Chicken Mindset, Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan

Chicken Mindset, Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan

Chicken Mindset, Pola Pikir yang Menghambat Kesuksesan – Tidak salah memang, setiap orang tentu ingin mencapai kesuksesan dan tidak ada yang ingin mengalami kegagalan. Kesuksesan merupakan sesuatu yang relatif, tapi kegagalan adalah sesuatu yang mutlak.

Tapi dari kegagalan tersebut, kamu perlu bangkit dan jangan punya chicken mindset. Chicken mindset di sini artinya, ia berpikiran ingin menjadi sukses, tapi ia tidak mau mengerahkan segala upayanya dengan baik. Maksudnya, lebih banyak mengeluh dan takutnya dari pada ingin mencoba atau bertindak.

Pola pikir seseorang tentunya berbeda, namun ada beberapa aspek yang seragam dalam pikiran orang-orang sukses dan pasti bukan chicken mindset ya. Berikut pola pikir orang-orang sukses:

 

  1. Mau Bertumbuh dan Berkembang

Ketika semua orang takut kehilangan apa yang ia miliki, maka sebaliknya orang sukses akan berpikir berbeda. Mereka justru berpikir, mendapatkan sesuatu lebih banyak untuk dirinya sendiri. Nah, inilah salah satu alasan mengapa orang kaya akan menjadi semakin kaya adalah karena mereka fokus dengan pertumbuhan mereka sendiri.

Selain itu juga mau berkembang dan nggak stuck di satu tempat saja. Yang punya chicken mindset cenderung akan takut untuk berumbuh dan berkembang, karena mikirnya akan rugi kalau harus berinvestasi misalnya, dan selalu merasa sudah cukup akan pencapaiannya.

  1. Menghormati Diri Sendiri

Orang sukses itu selalu membuat komitmen yang dominan kepada diri sendiri dari pada orang lain. Ini adalah salah satu hal yang berkaitan dengan mengikuti segala yang kamu katakan, itu akan membuat kamu dapat diandalkan. Beda dengan yang punya chicken mindset, kebanyakan ia membuat komitmen dengan menipu diri sendiri.

Baca: Cara Agar Kamu Tidak Memiliki Mental Kepiting

  1. Memiliki Visi atau Tujuan yang Jelas

Sebagian besar orang jika ditanya apa yang diinginkan dalam hidup ini dan mengapa mereka mau bekerja dengan sangat keras? Buat yang punya chicken mindset tidak akan spontan memberikan alasan. Mereka akan berpikir dahulu baru menjawab, dan biasanya jawabannya pun klasik seperti “Untuk memenuhi kebutuhan hidup.”

Namun berbeda dengan orang sukses yang punya positive mindset, mereka akan memberikan jawaban yang jelas serta spesifik, dan akan menjelaskan tanpa henti dan tanpa berpikir terlalu lama.

  1. Memiliki Tanggung Jawab yang Besar

Bagi orang yang punya chicken mindset, biasanya cenderung membebani orang lain dan menyalahkan diri sendiri karena kesalahannya. Sedangkan orang sukses akan mengambil semua tanggung jawab yang mereka rasa bisa dilaksanakan. Dalam setiap tanggung jawab yang diambil tentu ada resiko yang terjadi.

Orang sukses akan lebih sering belajar untuk mengatasi setiap masalah yang datang. Dalam pikirannya selalu menanamkan perkataan seperti ini, “Saya yang mengendalikan diri sendiri dan saya pula yang mewujudkannya jika hal yang dilakukan tidak terjadi dengan sendirinya.” Jadi, tetap berpikiran positif dan optimis.

  1. Menjadi Seseorang yang Positif dan Mau Mencoba

Inilah faktor terbesar dalam pemikiran/mindset yang harus dimiliki oleh orang sukses. Jika kamu menghadapi kegagalan, maka harus memiliki kemampuan untuk bangkit lagi dan terus ingin mencobanya sampai berhasil. Bagi yang punya chicken mindset cenderung pesimis dan berpikiran negatif yang hasilnya tidak akan memjadikan sesuatu jadi lebih baik, bahkan bisa jadi lebih terpuruk. Dalam pandangan orang sukses, hidup mereka akan lebih baik jika terus berpikir positif dan bahagia.

Baca: Quotes Motivasi Untuk Berkarir

Nah, itulah beberapa point yang harus ditanamkan dalam diri agar tetap berpikiran positif dan sebaiknya hindari chicken mindset dalam mencapai sesuatu. Teruslah berjuang dan berpikiran positif dalam menggapai cita-cita. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu bisa mewujudkannya. Nah, jika kamu ingin mewujudkan cita-cita menjadi bagian di dunia penerbangan, ikut sekolah penerbangan di Diklat NASA aja yuk!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?