Daftar Maskapai Penerbangan untuk Haji

Maskapai Penerbangan untuk Haji

Daftar Maskapai Penerbangan untuk Haji

Daftar Maskapai Penerbangan untuk Haji – Di tahun 2020 ini, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menunjuk 4 maskapai penerbangan yang akan terlibat dalam operasional Haji Indonesia.

Pada tahun lalu, hanya melibatkan 2 maskapai penerbangan dalam operasional Haji, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Nah, menurut informasi resmi, kali ini ada 4 maskapai yang akan melayani rute penerbangan pada musim haji tahun ini telah selesai melalui seluruh tahapan lelang. Maskapai-maskapai ini pun telah memenuhi syarat kualifikasi yang ditentukan. Inilah ke-4 maskapai tersebut:

Maskapai Penerbangan untuk Haji

 

  1. Garuda Indonesia Airlines

Siapa yang tidak tahu dengan maskapai Garuda Indonesia Airlines, yang melayani penerbangan kemana saja bahkan melayani penerbangan untuk ibadah haji. Di tahun 2020 ini pun Garuda Indonesia Airlines akan melayani 268 kloter calon jemaah haji.

  1. Saudi Arabia Airlines

Begitu pun dengan maskapai Saudi Arabia Airlines, yang akan melayani 221 kloter calon jemaah haji di tahun 2020 ini. Bahkan maskapai ini telah dipercaya untuk melayani penerbangan Jemaah Indonesia selama 19 tahun. Tepat di tahun ini berarti selama 20 tahun.

Waktu yang cukup lama bukan? Sebagai persiapan, saat ini pihak maskapai Saudi Arabian Airlines mulai menilik kesiapan bandara-bandara tempat pemberangkatan maskapainya. Salah satunya adalah Bandara Kertajati di Subang, Jawa Barat.

  1. Citylink

Maskapai ini terbilang baru untuk melayani penerbangan haji. Tetapi karena maskapai ini sudah memenuhi syarat kualifikasi yang ditentukan, maka resmi untuk melakukan penerbangan haji di tahun ini. Walaupun jumlah kloter untuk maskapai ini masih belum ada ketetapan, hanya saja kemungkinan besar maskapai yang baru bergabung dalam angkutan haji ini mendapatkan jatah kloter yang masih sedikit dibandingkan dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Arabia Airlines.

  1. Flynas

Maskapai Flynas ini dipercaya untuk melayani penerbangan jamaah haji karena telah memenuhi syarat kualitifikasi. Kira-kira ada 19 kloter calon jemaah haji yang akan diterbangkan oleh maskapai Flynas di tahun ini. Maskapai ini pun memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan penerbangan langsung dari Tanah Air ke Tanah Suci. Maskapai Flynas hanya akan melayani penerbangan Umrah dan Haji dengan jadwal penerbangan dua kali dalam sepekan, yakni hari Selasa dan Minggu.

 

Nah, itulah beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan haji di tahun ini. Menurut Menteri Agama yakni Fachrul Razi, pihaknya terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan dalam layanan haji. Bahkan dengan bertambahnya maskapai penerbangan untuk haji di Indonesia ini, beliau berharap akan meringankan biaya haji bagi para Jemaah. Meskipun ada penambahan maskapai haji, dari segi kualitas penerbangan tetap diutamakan.

Dalam proses pengadaan yang dilakukan pun, Kemenag menentukan spesifikasi pesawat yang digunakan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Jemaah haji. Jenis pesawatnya sudah pasti tidak boleh pesawat tua, yang dipilih seperti tipe pesawat 747 atau Boeing dan yang selevelnya. Selain itu, Kemenag juga melakukan penambahan fasilitas fast track untuk beberapa bandara lainnya, tidak hanya Bandara Soekarno Hatta saja.

Akan tetapi, mengenai berapa jumlah calon Jemaah haji belum tentu pasti karena semakin meningkat. Mengingat kondisi sekarang yang masih pandemic, maka ada kemungkinan untuk penerbangan calon Jemaah haji pun akan dibatasi.

Baca: 5 Faktor Penyebab Penerbangan Ditunda atau Delay

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi bagian dari maskapai penerbangan yang diimpikan, kamu bisa memulainya dengan bersekolah di Diklat NASA. Diklat NASA bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja di salah satu maskapai penerbangan diatas. Yuk, daftarkan segera dirimu hanya di Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?