5 Faktor Penyebab Penerbangan Ditunda atau Delay

5 Faktor Penyebab Penerbangan Ditunda atau Delay

5 Faktor Penyebab Penerbangan Ditunda atau Delay

5 Faktor Penyebab Penerbangan Ditunda atau Delay – Tidak sedikit orang yang mengalami penerbangan ditunda atau delay, tentunya sangat tidak mengenakkan bukan? Nah, jika penerbangan ditunda, maka kita harus menunggu lebih lama lagi di bandara.

Padahal salah satu alasan orang atau traveler memilih transportasi pesawat adalah untuk menghemat waktu agar lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Tetapi, kalau penerbangannya ditunda, alhasil harus menunggu lebih lama bahkan hingga berjam-jam di bandara. Lalu apa saja hal yang membuat penerbangan ditunda atau delay?

Penyebab Penerbangan Delay

  1. Faktor Manajemen Airline

Faktor ini disebabkan oleh maskapai penerbangan, misalnya keterlambaran dari pilot, co pilot, awak kabin, catering, ketidaksiapan pesawat udara atau penanganan di daerat dan lain-lain. Selain itu, bahkan bisa juga disebabkan oleh keterlambatan penumpang.

Jadi, harus menunggu penumpang, baik yang baru melapor (check in), sedang pindah pesawat (transfer) atau penerbangan lanjutan (connecting flight). Ternyata karena hal tersebut bisa menyebabkan penerbangan ditunda. Jadi, kepada pihak pekerja maskapai penerbangan maupun penumpang harus disiplin dalam waktu, supaya tidak merugikan orang lain.

  1. Faktor Teknis Operasional

Faktor ini disebabkan oleh kondisi bandar udara pada saat keberangkatan atau kedatangan. Sebagai contoh, lingkungan menuju bandar udara atau landasan terganggu fungsinya, misalnya karena banjir, retak, atau bahkan kebakaran.

Selain itu, bisa juga saat itu sedang terjadinya antrian pesawat udara lepas landas (take off), mendarat (landing). Atau pun misal kendala lainnya yaitu keterlambatan pengisian bahan bakar (refueling) sehingga akhirnya menyebabkan penerbangan ditunda.

  1. Faktor Cuaca

Kamu masih ingat kebakaran hutan yang melanda Kalimatan beberapa waktu lalu? Nah, tebalnya kabut asapnya ini membuat banyak penerbangam ditunda atau delay bahkan hingga dibatalkan. Kondisi tersebut merupakan salah satu contoh nyata penerbangan yang ditunda karena faktor cuaca.

Selain kabut asap, faktor cuaca lain yang mempengaruhi penerbangan diantaranya banjir, hujan lebat, petir,badai, jarak pandang di bawah standar minimal dan kecepatan angin yang melampaui standar maksimal sehingga mengganggu keselamatan dalam penerbangan.

  1. Faktor Adanya Kerusuhan di Area Bandara

Faktor ini bisa jadi salah satu penyebab penerbangan ditunda atau delay. Di beberapa daerah masih ada yang ramai konflik seperti terjadi demo atau kerusuhan di bandar udara. Sebenarnya hal tersebut di luar tanggung jawab pihak maskapai atau bandara, tapi mau tidak mau harus melibatkan pihak berwajib supaya jadwal penerbangan bisa kembali kondusif.

  1. Faktor Antrian Security Check

Faktor ini tentu sangat mempengaruhi dalam ketepatan jadwal penerbangan. Antrian Security Check seringkali terjadi sangat panjang, baik saat masuk ke bandara maupun ke ruang tunggu. Selain itu, salah satu penyebab penerbangan ditunda termasuk juga apabila ditemukan ada penumpang yang butuh pemeriksaan lebih lanjut.

Maka dari itu, sangat disarankan kepada penumpang untuk tiba di bandara sebelum jadwal penerbangan, paling lambat sekitar 1,5 jam untuk rute domestik dan 3 jam untuk rute internasional. Disarankan juga agar sudah berada di ruang tunggu paling lambat 30 menit sebelum jadwal. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya delay.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab terjadinya penerbangan ditunda atau delay. Untuk alasan terjadinya delay dan kepastian keberangkatan sendiri wajib disampaikan selambat-lambatnya 45 menit sebelum keberangkatan melalui telepon atau pesan layanan singkat serta media pengumuman yang ada di bandara.

Baca: Seluk Beluk Mengenai Cargo Handling di Penerbangan

Selain informasi kepada penumpang, ternyata pihak maskapai juga menyediakan petugas setingkat General Manager, Station Manager dan pihak yang ditunjuk dalam memberikan keputusan di lapangan saat pesawat mengalami delay untuk menangani penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan. Semoga informasi ini bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?