Hal Penting yang Dilakukan Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Hal Penting yang Dilakukan Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Hal Penting yang Dilakukan Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara – Pesawat terbang memang jadi salah satu saran transportasi yang kerapkali dimanfaaatkan teroris untuk melakukan tindak kejahatan. Karena itulah pemeriksaan saat di bandara sebelum penumpang boarding akan sangat ketat sekali.

Pemeriksaan yang ketat ini menggunakan teknologi yang mutakhir. Maka, harus diperhatikan pula bagi penumpang atas barang bawaannya. Bahkan biasanya ada pula barang yang dianggap berbahaya sehingga terlarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat.

Jadi, pemeriksaan keamanan di bandara oleh petugas penerbangan kepada penumpang ini sangatlah penting. Nah, Inilah beberapa hal penting yang harus dilakukan saat pemeriksaan keamanan di bandara, diantaranya:

 

  1. Jangan Membawa Cairan dalam Bentuk Apapun Lebih dari 100 ml

Penumpang sangat dilarang membawa caiaran atau barang air dalam pesawat, maka sudah pasti tak akan lolos pemeriksaan di airpot. Peraturan jenis ini yaitu dilarang membawa cairan lebih dari 100 ml ini sifatnya universal dan berlaku di bandara mana saja di dunia ini. Akan tetapi, walaupun aturan ini sudah jelas, cukup banyak penumpang yang mengira yang namanya cairan itu hanya berbentuk air saja seperti jenis air mineral.

Barang-barang seperti shampoo, sabun cair pun padahal dilarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat. Harus dipastikan juga bagi para penumpang, sebaiknya membawa berukuran kecil saja atau dimasukkan ke dalam bagasi check in.

Nah, selain itu pastikan juga parfum atau body spray tidak dikemas dalam tabung erosol, karena tekanan dalam pesawat sangat dikhawatirkan akan membuat tabung meledak. Jadi, untuk para petugas harus lebih aware lagi memeriksa dalam point ini.

 

  1. Pastikan Tiket dan Kartu Identitas Penumpang

Sebelum masuk antrean, penumpang harus pastikan memegang tiket dan tanda pengenalnya. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemeriksaan keamanan dan antrean. Semua dokumen tersebut sangat penting untuk dibawa. Jangan sampai ketika saat pemeriksaan, penumpang melupakan sesuatu hal itu, dan yang terjadi pemeriksaan oleh petugas keamanan akan sangat terhambat.

 

  1. Pastikan Penumpang Melepas Jaket, Ikat Pinggang, Jam dan Sepatu

Nah, setiap negara biasanya memiliki aturan yang berbeda tentang benda yang menempel di tubuh yang perlu dilepas. Kalau di Indonesia, ikat pinggang, jam tangan dan jaket merupakan benda yang harus dilepas dari tubuh dan diperiksa di mesin X-Ray.

Dan untuk penumpang sebaiknya memakai sepatu yang mudah dilepas untuk mempercepat proses pemeriksaan. Ada lebih baiknya lagi, penumpang tidak mengenakan ikat pinggang atau perhiasan atau jam tangan yang berbahan metal agar pemeriksaan tidak berlangsung lama.

 

  1. Pemeriksaan Gadget dan Barang Elektronik

Ada beberapa peraturan berbeda tentang membawa gadget atau barang elektronik ke dalam pesawat. Ada yang menyebutkan bahwa semuanya wajib diperiksa dan melewati sinar X, namun ada yang menyebutkan hanya barang elektronik berukuran besar seperti laptop, video kamera. Sedangkan handphone dan tablet tidak wajib untuk diperiksa oleh petugas.

 

  1. Pastikan Penumpang Tidak Memakai Sandal

Memakai sandal memang sangat praktis saat dikenakan. Dengan memakai sandal juga berarti penumpang tak harus melepaskan sepatu ketika melewati pemeriksaan. Tapi, apakah dengan menggunakan sandal saja di lantai bandara yang mungkin kurang terjamin kebersihannya?

Bisa saja lantai bandara kotor yang akan mengotori kaki. Hal ini juga mencegah terhadap penularan penyakit, secara orang datang dari segala penjuru dunia. Karena itulah pastikan penumpang untuk mengenakan sepatu yang praktis dan mudah dipakai agar pemeriksaan tidak berlangsung lama, dan tidak perlu repot memakainya lagi.

Baca: Trik Jitu Atasi Jetlag Bagi Seorang Pramugari

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat pemeriksaan keamanan di bandara. Biasanya salah satu petugas keamanan di dunia penerbangan yaitu AVSEC, yang memiliki tugas memeriksa segala hal demi keamanan selama penerbangan.

Nah, apabila kamu menginginkan pekerjaan sebagai AVSEC maka sudah pasti akan melakukan pemeriksaan seperti di atas. Supaya lebih mantap untuk menjalani profesi sebagai AVSEC, kamu bisa mengikuti lembaga pendidikan di Diklat NASA jurusan AVSEC. Yuk, daftarkan segera dirimu dan raihlah impianmu!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?