Pentingnya Menggunakan Seat Belt Saat di Pesawat

Pentingnya Menggunakan Seat Belt Saat di Pesawat

Pentingnya Menggunakan Seat Belt Saat di Pesawat

Pentingnya Menggunakan Seat Belt Saat di Pesawat – Saat berada di pesawat, kamu pasti tidak asing lagi dengan aturan untuk mengenakan seat belt. Seat belt sangat penting bagi keamanan dan keselamatan penumpang.

Maka dari itu, para awak kabin yang bertugas akan selalu mengingatkan penumpangnya untuk memasang seat belt dengan sempurna, baik sebelum lepas landas ataupun ketika pesawat akan mendarat. Pada bangku penumpang tepatnya di bagian langit-langit biasanya dilengkapi dengan tanda sabuk pengaman.

Adapun tanda pengaman dalam pesawat memberikan aba-aba bagi penumpang untuk mengenakan dan melepaskan seat belt selama penerbangan. Nah, ketika tanda pengaman menyala, berarti penumpang wajib memasang seat belt. Sebaliknya, jika tanpa pengaman dimatikan, maka kamu diperbolehkan untuk melepaskan seat belt. Ketika melepas seat belt, biasanya pada waktu tersebut diperbolehkan untuk pergi ke toilet.

Baca: Bandara yang Menyediakan Spot Tidur Terbaik

Akan tetapi, jika ada penumpang yang telah selesai dari toilet, ada saja penumpang yang tidak lagi memasang seat belt-nya. Padahal, sebenarnya seat belt lebih baik tetap digunakan meskipun tanda pengaman telah dimatikan. Alasannya karena dengan penggunaan seat belt adalah untuk pengaman disaat terjadi turbulensi.

Turbulensi yang terjadi pada pesawat akan membuat kabin terasa bergoyang dan bergetar akikbat adanya pergeseran aliran udara. Jadi, sebaiknya penumpamg harus tetap mengenakan seat belt walaupun tanda pengaman dimatikan atas komando pilot.

Kita tidak akan pernah tahu kapan turbulensi akan terjadi. Turbulensi bisa terjadi saat tanda pengaman dimatikan. Ketika turbulensi terjadi, terutama saat pesawat jatuh, penumpang akan merasa turun dengan sangat cepat dan keras. Dengan adanya turbulensi yang kencang pun mengakibatkan tubuh penumpang terangkat dan bisa saja mengenai langit-langit pesawat sehingga berpotensi terluka pada penumpang.

Guncangan pesawat bisa saja terjadi secara mendadak, sehingga awak pesawat tidak sempat mengingatkan penumpang untuk menggunakan sabuk pengamannya. Dengan sabuk pengaman ini, titik berat pesawat bisa terjaga karena pesawat diharuskan stabil saat landing maupun take off. Keseimbangan ini dapat terganggu karena pergerakan penumpang dan dapat berakibat fatal pada keselamatan. Pentingnya seat belt pun dipasang untuk memastikan penumpang tetap duduk stabil di kursinya.

Tapi pada kenyataannya, masih banyak penumpang yang sering lupa memasang sabuk pengaman saat kembali ke kursi mereka. Bahkan ada yang beranggapan bahwa sabuk pengaman tidak akan membantu dalam menyelamatkan penumpang saat mengalami kecelakaan.

Justru tidak begitu, dengan memakai sabuk pengaman justru dapat meminimalisir kecelakaan apalagi dapat mempermudah dalam proses evakuasi. Apalagi jika terjadi turbulence yang parah dapat membuat penumpang terluka dari kepala sampai lengan. Dalam situasi yang parah pun penumpang bahkan bisa terlempar hingga ke atap.

Jadi, jangan sepelekan aturan untuk menggunakan sabuk pengaman saat di pesawat ya. Jangan sampai kamu pun ditegur oleh pramugari untuk menggunakan seat belt. Kelihatannya memang sepele, namun sebenarnya hal tersebut rupanya sangat penting peranannya dalam keselamatan penerbangan. Selain itu, kamu pun harus memastikan untuk mengetahui dalam pemakaian memakai dan melepas seat belt dengan baik dan benar.

Baca: Aturan yang Sering Dilanggar Penumpang Saat Naik Pesawat

Karena jika dalam keadaan kondisi darurat, seringkali timbul kondisi panik yang tak bisa dihindari sehingga saat sudah panik, sabuk yang seharusnya mudah dilepas serasa tali mati yang sulit dilepas. Jika kamu belum mengetahui cara memasang/melepas seat belt dengan benar, jangan segan untuk meminta bantuan pada awak kabin. Itulah informasi seputar pentingnya menggunakan seat belt saat di pesawat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?