Protokol Kesehatan di Bandara Untuk Cegah Covid-19

Protokol Kesehatan di Bandara Untuk Cegah Covid-19

Protokol Kesehatan di Bandara Untuk Cegah Covid-19

Protokol Kesehatan di Bandara Untuk Cegah Covid-19 – Semenjak adanya wabah Covid-19 yang merebak di Indonesia, pemerintah Indonesia telah menetapkan protokol penanganan wabah Covid-19 di area dan transportasi publik.

Dengan adanya protokol kesehatan di bandara ini dengan tujuan untuk mencegah dan diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran sekaligus mendukung upaya dalam mengatasi wabah Covid-19. Maka dari itu, protokol kesehatan tersebut harus dijalankan secara konsisten oleh operator setiap bandar udara dan maskapai penerbangan.

Protokol kesehatan ini telah diimplementasikan oleh sejumlah bandara dan maskapai penerbangan. Lalu, apa sajakah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh operator bandara dalam menangani upaya pencegahan wabah Covid-19? Pada artikel ini akan dibahas mengenai protokol kesehatan di bandara, diantaranya:

 

  1. Memastikan Seluruh Area Publik dan Transportasi Umum Bersih

Operator bandara juga harus rutin dalam penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area publik atau umum, seperti area terminal, area stasiun kereta bandara, di samping menjalankan proses pembersihan sehari-hari. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika tempat yang kotor dan berdebu bukan hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga bisa jadi sarang kuman bahkan virus yang berbahaya.

 

  1. Mendeteksi Suhu Tubuh

Penumpang pesawat yang tiba di bandara melalui proses pendeteksian suhu tubuh terlebih dahulu dengan thermal scanner dan thermal gun. Kemudian para penumpang masuk ke area atau line yang sudah terpasang pengukur suhu tubuh. Jika ada terdeteksi suhu panas, maka layar akan bunyi dengan sangat keras. Suaranya mirip komputer yang sedang error, sehingga dengan demikian langsung memancing petugas yang mengawasi untuk langsung siaga.

 

  1. Menyediakan Ruang Isolasi

Setiap bandara menyediakan ruang isolasi apabila terdapat seseorang yang terindikasi Covid-19. Peran isolasi diri ini dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. Karena akan sangat bahaya jika tidak adanya ruang isolasi, maka akan cepat sekali virus itu menyebarnya.

 

  1. Mengkampanyekan Cuci Tangan Sesering Mungkin

Setiap bandara menyediakan lebih banyak titik-titik hand sanitizer serta membuat wastafel portable di area public. Selain itu, terdapat pula wastafel di seluruh toilet. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun serta menggunakan hand sanitizer dinilai sangat efektif untuk mencegah penularan virus corona.

Saat mengkampanyekan cuci tangan, petugas juga hendaknya memberikan penjelasan atau mengedukasi tentangĀ  langkah cuci tangan yang baik dan benar kepada para penumpang.

 

  1. Memperbaharui Informasi Tentang Covid-19 Secara Regular

Selalu memperbaharui informasi tentang perjalanan, peraturan terbaru serta jadwal penerbangan terkait Covid-19, dan biasanya bisa diakses di laman website atau berbagai social media setiap masing-masing bandara atau maskapai penerbangan. Hal ini tentu akan mempermudah para penumpang untuk menerima atau mendapatkan informasi penting.

 

  1. Menyesuaikan Pola Operasional

Setiap masing-masing bandara melakukan penyesuaian pola operasional guna menyederhanakan alur pergerakan penumpang di terminal serta memastikan penerapan physical distancing dan menjaga aspek kesehatan penumpang pesawat, pengunjung bandara maupun petugas bandara.

 

  1. Menjalankan Prosedur Pengisian Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC)

Prosedur pengisian HAC oleh penumpang ini sangat penting dijalankan agar bisa mendeteksi penyebaran Covid-19.

 

  1. Melakukan Penyemprotan Disinfektan pada Bagasi Penumpang Tercatat

Untuk setiap barang bawaan atau bagasi penumpang yang masuk ke lambung pesawat (bagasi tercatat), saat tiba di bandara akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

 

  1. Mensosialisasikan Cara-Cara Pencegahan Terpapar Covid-19

Seluruh titik-titik komersial yang berbentuk LED di setiap bandara dimanfaatkan untuk menayangkan berbagai video untuk mensosialisasikan cara pencegahan terpapar Covid-19 kepada setiap penumpang pesawat dan pengunjung bandara. Hal ini tentu sangat penting agar mereka semua bisa lebih aware lagi di masa pandemi ini.

Baca: Tips Belajar Online Selama Pandemi

Nah, itulah beberapa protokol kesehatan di bandara dalam rangka mencegah wabah Covid-19. Hal ini tentu perlu dilakukan dan ditaati oleh para penumpang pesawat ataupun petugas bandara demi keselamatan bersama agar tidak terkena wabah Covid-19.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?