Tips Belajar Online Selama Pandemi

Tips Belajar Online Selama Masa Pandemi

Tips Belajar Online Selama Pandemi

Tips Belajar Online Selama Masa Pandemi – Akibat adanya penyebaran pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia bahkan di  Indonesia membuat banyak sekolah dan universitas menghentikan proses pembelajaran secara langsung atau tatap muka.

Nah, sebagai gantinya pembelajaran dilakukan jarak jauh atau remote learning. Dengan adanya penerapan pembelajaran daring ini tentu menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan maupun dari peserta didik itu sendiri.

Para peserta didik tentu mesti siap beradaptasi dengan adanya perubahan pembelajaran daring ini, dan bisa lebih bebas serta fleksibel diakses dari rumah. Nah, bagaimanakah pembelajaran daring ini agar dilakukan dengan efektif? Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips belajar online selama masa pandemi. Berikut tipsnya, bisa kamu ikuti ya!

 

  1. Tetapkan Manajemen Waktu

Kamu perlu mengatur waktu belajar dengan teratur. Kerjakanlah dengan fokus tugas-tugas yang dibebankan oleh pengajar. Hal ini akan lebih mudah dijalani jika pihak sekolah memberikan batasan jadwal akses daring kepada peserta didik. Akan tetapi, lain cerita jika penyedia layanan pendidikan memberikan fleksibilitas penuh kepada pelajar, maka pelajar harus mengatur sendiri jadwal belajar mereka.

Bagi pelajar yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya mengerjakan tugas di akhir deadline yang ditetapkan. Oleh karena itu, biasakan diri untuk mengerjakan tugas atau belajar di awal waktu dalam pembelajaran daring ini.

 

  1. Persiapkan Teknologi yang Dibutuhkan

Fasilitas yang mendukung tentu harus dimiliki di rumah untuk melakukan pembelajaran daring. Ini sangatlah penting agar pembelajaran daring berjalan dengan lancar. Maka kamu harus mempersiapkan peralatan teknologi seperti komputer/laptop atau fasilitas yang mendukung lainnya serta jaringan internet yang baik juga sangat diperlukan.

 

  1. Belajar dengan Serius

Selama melakukan pembelajaran di internet, pasti banyak sekali distraksi atau gangguan. Seringkali ada godaan untuk menonton film atau video, mengakses media social atau pun hal lainnya. Agar pembelajaran tetap efektif, hendaknya kamu harus fokus, serius, serta konsisten selama waktu belajar yang telah ditetapkan.

Hindarilah berbagai distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika ingin lebih fokus, kamu bisa menggunakan ruangan khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluargamu yang lain.

 

  1. Tetap Jaga Komunikasi dengan Pengajar dan Rekan-Rekan Kelas

Bagi yang belum terbiasa melakukan remote learning, maka ia harus menyesuaikan diri untuk berus berkomunikasi dengan pengajar atau rekan kelasnya. Jika dibutuhkan, sebaiknya membuat suatu grup di salah satu platform  komunikasi untuk membahas tugas yang diberikan oleh pengajar.

Komunikasi tentu sangat penting dan harus terjalin dengan baik. Selain itu, agar selalu dapat mendapatkan kabar up to date selama pembelajaran. Gunakan moment hal tersebut untuk mengasah keterampilanmu dalam berkomunikasi daring-mu.

Lakukan komunikasi dengan pengajar mengenai hasil tugas yang kamu kerjakan, tunjukkan keseriusanmu untuk mau belajar dengan baik. Pada awalnya mungkin pelajar akan merasa kesulitan dengan adanya pembelajaran daring, akan tetapi jika sudah terbiasa malahan memberi kebebasan atau fleksibilitas tersendiri yang tidak ditemui pada kegiatan belajar mengajar di ruang kelas seperti biasanya.

Baca: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melamar Pekerjaan

Nah, itulah beberapa tips belajar online selama masa pandemi. Walaupun sistem pembelajaran ini berbeda dari biasanya, dianjurkan untuk para pengajar dan pelajar agar tetap fokus dan semangat dalam menjalani pembelajaran supaya berjalan efektif. Semoga, pandemic COVID-19 ini segera berakhir agar sistem pembelajaran kembali  dilakukan seperti sedia kala secara langsung atau tatap muka.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?