Tes Kesehatan Pramugari, Apakah Ada Tes Keperawanan juga?

Tes Kesehatan Pramugari, Apakah Ada Tes Keperawanan juga?

Tes Kesehatan Pramugari, Apakah Ada Tes Keperawanan juga?

Tes Kesehatan Pramugari, Apakah Ada Tes Keperawanan juga? – Halo teman-teman, sudah siap untuk menjadi seorang pramugari? Wah, ternyata banyak juga ya yang ingin berkarir di dunia penerbangan sebagai seorang pramugari.

Tapi, seringkali banyak pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh teman-teman yang ingin menjadi pramugari. Mulai dari kebenaran, apakah pramugari boleh menikah? Apakah pramugari boleh memiliki mata minus dan juga apakah syarat menjadi pramugari harus perawan?

Untuk lebih detailnya, kali ini kita akan bahas apakah benar di dalam tes Kesehatan pramugari, terdapat tes keperawanan juga? Yang pertama kali perlu teman-teman ketahui adalah bahwa tes Kesehatan di dunia penerbangan disebut dengan tes medical examination yang disingkat menjadi Tes Medex.

Tujuan dari adanya tes Kesehatan ini adalah untuk memastikan kelayakan pramugari dari segi kesehatannya. Karena bagaimanapun juga, pramugari nantinya akan berhubungan dengan orang lain, sehingga memastikan bahwa pramugari memiliki Kesehatan yang mumpuni, mutlak harus dipenuhi.

Lalu apa saja tes Kesehatan pramugari?

1. Tes Jantung

Tes ini akan merekam aktivitas dari Jantung, kemudian tes ini juga akan mengidentifikasi aliran darah seseorang. Fungsinya untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kelainan atau penyakit jantung. Jangankan untuk pramugari atau pramugara, tes ini juga akan diberlakukan bagi yang ingin menjadi pilot.

Pasalnya, Riwayat penyakit jantung bisa membahayakan penumpang saat nanti berada di pesawat. Maka dari itu, seorang pramugari atau pramugara harus memiliki kondisi jantung yang sehat.

2. Laboratorium Test

Kalau test yang satu ini meliputi rontgen dan paru-paru. Fungsinya untuk mendiagnosis apakah seseorang tersebut memiliki asma, paru-paru kronis atau penyakit lain yang berhubungan dengan pernafasan.

Bahkan, test ini juga bisa menginformasikan kemungkinan penyakit yang bisa terjadi di masa depan. Adanya test ini menghindari kondisi yang tidak diinginkan, seperti kondisi dimana pramugari tiba-tiba mengalami sesak napas saat menaiki pesawat.

3. Tes Fisik

Kira-kira seperti apakah gambaran dari tes fisik yang akan dijalani pramugari? Test nya sendiri meliputi seluruh organ tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Akan dilihat penglihatannya, apakah memiliki buta warna atau minus yang dimiliki sudah mencapai toleransi atau belum, kemudian diadakan juga tes pendengaran untuk mengukur tingkat kepekaan seorang calon pramugari. Nama testnya adalah audiometri.

Kemudian tes hidung, selanjutnya tes Kesehatan gigi, biasanya pramugari disarankan untuk memiliki susunan gigi yang rapi, tidak berlubang. Mengapa sampai sedetail itu? Hingga gigi berlubang saja dipermasalahkan? Karena gigi berlubang adalah kondisi yang bisa kapanpun terjadi, akan memberikan rasa nyeri dan ngilu yang bisa mengganggu aktivitas di pesawat.

Masih ada tes lainnya? Masih ada dong, yaitu test kulit, dimana calon pramugari tidak boleh memiliki bekas noda jerawat, bekas luka permanen atau tattoo. Sebenarnya semuanya bisa saja diperbolehkan asalkan berada di area yang tertutup oleh pakaian, misalnya di perut atau lengan atas.

4. Tes Urine

Tes urin untuk mengetahui perkembangan penyakit yang ada di dalam tubuh seseorang, misalnya dari tes urine ini akan ketahuan apakah dia mengidap diabetes, kerusakan ginjal, demam, liver dsb

Bagaimana dengan Tes Keperawanan?

Sebenarnya hingga saat ini, belum ada tes sejenis itu. Karena tes Kesehatan yang dilakukan oleh calon pramugari adalah tes Kesehatan yang sifatnya mencakup organ dalam dan organ luar seperti mata, gigi dan kulit. Dan ada juga tes khusus untuk pramugari yaitu tes fisik keseimbangan seperti burung bangau yang sedang berdiri.

Baca: Apakah Pramugari Wajib Bisa Berenang?

Nah, apakah kamu sudah siap untuk menjadi Pramugari yang handal dan professional? Mari ikuti program pendidikan dan pelatihan diklat NASA. Telah terakreditasi A, kamu akan belajar banyak secara teori maupun praktik tentang bagaimana berkarir di dunia penerbangan. Untuk informasi detail mengenai pendaftaran, bisa mengisi formulir pendaftaran Diklat NASA yang tertera di laman web Nasa.or.id

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?