Tips Atasi Komplain Pelanggan, Tanpa Mengecewakan

Tips Atasi Komplain Pelanggan, Tanpa Mengecewakan

Tips Atasi Komplain Pelanggan, Tanpa Mengecewakan

Tips Atasi Komplain Pelanggan, Tanpa Mengecewakan – Dalam dunia penerbangan, keluhan penumpang sejatinya adalah hal yang lumrah. Komplain pelanggan merupakan bagian yak tak terpisahkan dari sebuah bisnis. Di mana ada layanan atas transaksi produk dan jasa, maka di sana ada potensi komplain dari pelanggan. Begitupun jasa layanan penerbangan, tak sedikit kita sering menjumpai beberapa keluhan dari pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan atau maskapai.

Untuk mendapatkan feedback positif dari adanya komplain, kuncinya ada di penanganan komplain itu sendiri. Petugas penerbangan harus bisa menangani komplain secara cepat, tepat dan cerdas. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi komplain dari pelanggan, diantaranya:

 

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Pelanggan yang sedang komplain mempunyai cara tersendiri dalam menyampaikan keluhannya, ada yang biasa saja bahkan sampai ada yang berapi-api dan terpancing emosi. Hal pertama yang pasti pelanggan inginkan adalah mereka ingin didengar. Apapun keluhannya, sebaiknya coba untuk mendengarkan keluhan mereka dan biarkan mereka berbicara sampai tuntas. Jangan sampai kita memotong pembicaannya. Dengan kita mendengarkan sampai tuntas, hal tersebut merupakan bentuk respect terhadap mereka.

  1. Tunjukkan Rasa Empati

Adanya komplain tidak selalu berasal dari kesalahan produk atau layanan dari sebuah bisnis. Bisa juga disebabkan oleh kelalaian pelanggan itu sendiri. Seperti mereka yang kurang teredukasi soal produk atau layanan yang hendak digunakan. Meski begitu, ada 3 peraturan yang harus diterapkan oleh tim penanganan kompain yaitu jangan langsung mengelak, jangan ngotot dan jangan memojokkan pelanggan. Cara terbaik adalah tunjukkan rasa empati karena penting dalam penanganan komplain.

  1. Beri Solusi yang Tepat dan Cerdas

Sebagai petugas yang baik, coba tawarkan beberapa solusi atas permasalahan yang mereka alami. Kamu tidak boleh memberikan solusi yang sebenarnya hanya formalitas semata dan tidak menyelesaikan permasalahan pelanggan. Jika komplain pelanggan berakhir dengan kepuasan, mereka pun pasti akan setia dengan jasa layanan yang digunakan. Hal ini tentu akan meningkatkan citra perusahaan yang semakin dipandang baik oleh pelanggan.

  1. Bertanggungjawab Penuh Terhadap Komplain

Dalam menghadapi komplain sebaiknya hindari lempar-melempar tanggungjawab komplain dari satu staff ke staff lainnya. Hal ini tentu akan membuat pelanggan kesal dan merasa tidak dihargai. Terutama jika pelanggan masih terhubung dengan staff dari divisi yang sama, kita perlu mendorong tim untuk berani bertanggungjawab penuh dalam menangani komplain. Dengan begitu, akan memberi kesan profesional dan keluhan pelanggan pun ditangani dengan serius dan sebaik mungkin.

  1. Tindakan Ekstra untuk Mengobati Rasa Kecewa Pelanggan

Jika point sebelumnya telah dilakukan, maka harus dipastikan kembali bahwa pelanggan benar-benar sudah tidak merasa kecewa atau sudah benar-benar puas dan merasa terbantu. Biasanya maskapai penerbangan memberikan penawaran untuk mengobati rasa kecewa pelanggan, seperti memberikan fasilitas lebih untuk dinikmati. Setidaknya hal demikian dapat menyenangkan hati pelanggan.

  1. Miliki Tim yang Handal dalam Mengatasi Komplain

Perusahaan maskapai perlu memfasilitasi para petugas agar bisa menangani komplain dengan baik dan optimal. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu training manajemen komplain untuk masing-masing personel, SOP yang jelas dan up to date untuk menagangan komplain. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya komplain. Dengan begitu harapannya para pelanggan akan senantiasa merasa puas dan senang atas layanan jasa yang diberikan oleh perusahaan.

 

Baca: Tips Bekerja Menjadi Assaulter MRT

Nah, itulah beberapa tips atasi kompplain yang bisa dilakukan dalam mengatasi komplain di dunia penerbangan. Komplain pelanggan memang bukan hal yang menyenangkan, tapi harus ditangani dengan cepat, tepat, cerdas dan serius. Komplain pun bisa merubah dari masalah menjadi asset yang bisa dimaksimalkan dalam evaluasi layanan sebuah produk atau jasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?