Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melamar Pekerjaan

Kesalahan Saat Melamar Pekerjaan

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melamar Pekerjaan

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melamar Pekerjaan – Dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Kamu akan bersaing dengan banyak pelamar kerja lainnya di luaran sana.

Kamu pun akan dihadapkan dengan kompetisi yang sangat ketat. Maka, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dalam melamar suatu pekerjaan agar kamu bisa diterima di perusahaan yang kamu dambakan. Akan tetapi, seringkali banyak calon pekerja yang sebenarnya memiliki kualifikasi yang bagus tapi kesulitan dalam melamar atau mendapatkan pekerjaan.

Nah, agar kamu tidak menjadi salah satunya orang yang kesulitan dalam melamar atau mendapat pekerjaan, maka kamu harus mengetahui beberapa masalah atau kesalahan dalam melamar pekerjaan. Berikut beberapa kesalahan dalam melamar pekerjaan yang sebaiknya kamu hindari:

 

  1. Kesalahan dalam Pembuatan CV (Curiculum Vitae)

CV (Curiculum Vitae) merupakan salah satu syarat yang biasanya sangat penting untuk dilampirkan dalam hal melamar pekerjaan. CV biasanya terdapat daftar riwayat hidupmu atau informasi penting lainnya tentang dirimu. Coba perhatikan setiap detail pada CV yang kamu buat. Buatlah CV dan surat lamaran yang efektif dan menarik untuk perusahaan atau HRD yang kamu tuju.

Hendaknya kamu membuat CV dengan spesifik yang menjelaskan kontribusi nyata yang bisa kamu tuliskan sebelum mulai membuat CV. Perusahaan akan lebih tertarik pada deskripsi pencapaian dan karakter diri kamu yang spesifik. Tuangkan informasi yang nyata dan tidak melebih-lebihkan serta tidak mengurang-ngurangkan.

 

  1. Tidak Memperbaharui Cover Letter

Hindari rasa malas ketika akan memperbaharui resume atau cover letter dalam proses pencarian kerja. Kamu perlu membuat cover letter yang menarik, karena hal itu sangat penting dalam meningkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan. Jika cover letter-mu menarik, tentu akan dengan mudah menarik hati HRD untuk ingin lebih tahu tentang dirimu bahkan bisa saja kamu salah satu kandidat yang telah memenuhi kualifikasi.

Selain itu, kamu harus memastikan untuk mencantumkan kemampuanmu yang paling mendukung untuk pekerjaan yang kamu lamar. Kamu bisa jelaskan pada surat lamaran kerja bahwa kamu adalah kandidat yang ideal bagi pekerjaan yang kamu lamar tersebut.

 

  1. Apply Banyak Posisi ke Satu Perusahaan

Terkadang karena belum merasa yakin dengan kemampuan diri dan posisi yang ingin dilamar, pelamar kerja biasanya mendaftar beberapa posisi ke satu perusahaan. Ingat, hal ini harus dihindari ya. Hal ini akan menimbulkan keraguan bagi perusahaan tersebut. Tentu akan berdampak pada ditolaknya lamaran kerja kamu.

Jadi, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu gali lagi job description dari posisi yang sesuai dengan passion atau minat kamu. Lalu, sesuaikan dengan kemampuan diri serta pengalamanmu. Ingat, pastikan kamu melamar kerja dengan mantap pada satu posisi yang memang sesuai.

 

  1. Tidak Membaca Deskripsi Pekerjaan dengan Teliti

Jika kamu hanya asal apply saja tanpa mempertimbangkan deskripsi pekerjaan tersebut, maka kamu akan hanya membuang waktu. Jadi, pastikan sebelum melamar pekerjaan, kamu sudah membaca deskripsi pekerjaan yang akan dilamar dengan baik dan hati-hati, apakah sudah sesuai dan memenuhi kualifikasi atau belum.

 

  1. Bersikap Kurang Profesional di Media Sosial

Biasanya tim rekruitment akan mencari informasi tentang pelamar kerja melalui mesin pencari Google. Karena itulah, sebelum melamar pekerjaan sebaiknya pastikan informasi mengenai dirimu menunjukkan hal-hal yang positif.

Tak lupa juga untuk menampilan foto profilmu di social media, jika ada foto yang menggambarkan negatif tentang dirimu, maka jangan harap kamu akan mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. Jadi, gunakan social media dengan bijak dan profesional.

 

  1. Tidak Mengisi Formulir Aplikasi dengan Lengkap

Untuk beberapa perusahaan bahkan kebanyakan perusahaan biasanya meminta bagi para calon pekerja untuk mengisi formulir yang menyangkut data atau segala informasi tentang calon pekerja. Sangat penting bagi kamu untuk mengikuti instruksi yang diberikan termasuk mengisi dengan lengkap tentang data diri kamu.

Karena jika tidak, justru akan menunjukkan bahwa kamu orang yang tidak memperhatikan hal-hal detail. Jadi, harus dipastikan kamu untuk mengisi formulir aplikasi dengan lengkap ya!

Baca: Tips Membangun Karir Idaman

Nah, itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melamar pekerjaan. Setelah tahu informasi di atas, maka kamu harus lebih memperhatikan lagi agar tidak melakukan kesalahan tersebut. Selamat mencoba dan tetap semangat! Semoga dengan memperhatikan point-point di atas, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?