Akreditasi BAN PAUD & PNF

Akreditasi BAN PAUD & PNF

Akreditasi BAN PAUD & PNF

Akreditasi BAN PAUD & PNF – Seringkali kita dihadapkan pada sejumlah pertanyaan, seperti mengapa sih akreditasi itu penting? Lalu akreditasi penting bagi siapa? Begitu seterusnya. Tentu saja sebuah akreditasi itu sangat penting bagi semua pemangku kepentingan (stakeholders).

Mengapa demikian? Karena hasil akreditasi merupakan salagh satu indikator mutu dan suatu referensi dalam mengambil sebuah keputusan untuk berbagai kebutuhan termasuk peningkatan mutu pada masa yang akan mendatang.

Pemerintah menerbitkan Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal. Jadi, BAN PAUD dan PNF ini bertugas menyiapkan kebijakan dan mekanisme akreditasi serta membuat panduan teknis sebagai pedoman teknis pelaksanaan penilaian akreditasi.

BAN PAUD dan PNF merupakan lembaga mandiri yang bertugas untuk melaksanakan akreditasi PAUD dan PNF. Setelah itu, BAN PAUD dan PNF melaporkan hasil akreditasi kepada pemerintah sebagai referensi pemetaan mutu dan perencanaan peningkatan mutu pendidikan pada masa yang akan datang.

Dengan menggunakan Sistem Pendidikan Nasional, pelaksanaan akreditasi menjadi lebih mudah, cepat, lebih berkualitas, dan lebih terhubung dengan unit Pembina pendidikan lainnya. Sispena juga disiapkan untuk menjawab kebutuhan akreditasi satuan pendidikan PAUD dan PNF yang berpangkalan di luar wilayah geografis negara Indonesia, serta untuk menjawab koneksitas dengan kementerian dan lembaga lain di luar Kemendikbud yang juga memiliki satuan pendidikan PAUD dan PNF.

Lalu, apa saja pentingnya akreditasi bagi berbagai pihak? Berikut penjelasannya:

 

  1. Bagi Masyarakat

Akreditasi tidak kalah penting karena mereka adalah pelanggan utama dari insititusi pendidikan. Alasan mengapa akreditasi suatu lembaga itu penting bagi masyarakat karena hasil akreditasi menggambarkan mutu suatu lembaga. Nah, dengan demikian masyarakat atau dapat mengetahui dan memilih lembaga mana yang akan dituju untuk menyekolahkan anaknya. Orang tua pun dapat mengetahui lembaga mana yang sesuai dengan kebutuhan anaknya untuk bersekolah.

Selain itu, melalui akreditasi orang tua dapat mengetahui dan yakin serta merasa nyaman dengan adanya legalitas sebuah lembaga yang telah diakreditasi. Jika belum diakreditasi, maka mutu dan legalitas sebuah lembaga masih mengundang pertanyaan.

Orang tua juga dapat dengan mudah memilih sekolah jika dalam suatu kondisi tertentu harus memindahkan anaknya sekolah. Mereka pun tentu akan memilih lembaga yang lebih berkualitas. Salah satu indikator kualitas tersebut dapat dilihat melalui status akreditasi.

  1. Bagi Pemerintah

Akreditasi sangat penting karena merupakan bagian dari amanah konstitusi. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) secara eksplisit disebutkan pada pasal 60 ayat 2, seperti berikut “Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik.”

Jadi, semua pihak berkepentingan dengan akreditasi sesuai dengan konteks kebutuhan masing-masing. Kepentingannya adalah sama, yaitu peningkatan mutu atau kualitas pendidikan. Nah, dengan adanya pendidikan bermutu ini diharapkan menghasilkan generasi dan pemimpin masa depan yang berkualitas. Sehingga dengan demikian akan membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan di segala bidang.

Sudahkah kamu memilih lembaga pendidikan dengan akreditasi terbaik? Jika kamu berminat untuk memasuki sekolah penerbangan, masuk ke lembaga Diklat NASA sangat direkomendasikan untuk kamu karena lembaga Diklat NASA telah memiliki akreditasi A. Menyandang akreditasi A di Diklat NASA ini sudah termasuk akreditasi berbagai jurusan didalamnya.

Baca: Ketentuan Grooming di Dunia Penerbangan

Pentingnya akreditasi A ini untuk dapat menunjang kamu di masa yang akan mendatang, seperti dalam syarat untuk bekerja di tempat yang kamu cita-citakan. Jadi, sebuah keputusan yang tepat jika kamu ingin menggapai cita-cita sebagai petugas yang bekerja di dunia penerbangan untuk bersekolah terlebih dahulu di Diklat NASA yang sudah berakreditasi A.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?