Cara Menentukan Karir Profesional

Cara Menentukan Karir Profesional

Cara Menentukan Karir Profesional

Cara Menentukan Karir Profesional – Menentukan karir yang tepat dan profesional sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Jika kamu memilih jalan karir yang tidak sesuai dengan kemampuan atau minat, maka besar kemungkinan kamu tidak dapat bekerja secara optimal.

Bahkan banyak orang yang merasa frustasi bekerja karena melakukan kesalahan dalam cara menentukan karirnya. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada dirimu, ikuti cara mementukan karir yang tepat dan profesional berikut ini:

 

  1. Kenali Kekuatan dan Kemampuanmu Sendiri

Disamping kekurangan yang melekat pada seseorang, tentu ada kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang. Cara menentukan karir yang harus kamu lakukan pertama kalinya adalah mengenali kekuatan dan kemampuanmu sendiri.

Maksudnya, hal atau pekerjaan apa saja yang kamu kuasai dengan baik atau hal yang kamu minati. Misalnya kamu pandai berkomunikasi dengan baik bahkan menguasai bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Kemudian kamu buat daftar skill yang kamu kuasai, lalu pilihlah yang terkuat.

Sebagai pertimbangan, kamu pun bisa meminta pendapat orang lain seperti keluarga atau rekan terdekatmu mengenai hal ini. Jika kamu menjalani karir sesuai dengan kemampuanmu, maka kamu akan menjalani pekerjaan tersebut dengan senang hati.

  1. Mengetahui Kepribadian Diri Sendiri

Sama halnya dengan kemampuan diri, setiap orang pun memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kepribadian introvert, extrovert, atau pun berimbang. Dengan kamu mengetahui tipe kepribadianmu, kamu bisa mengetahui jenis lingkungan kerja yang paling sesuai untuk kamu tempati.

  1. Melakukan Test Karir

Cara menentukan karir yang profesional yang tepat selanjutnya adalah melakukan test karir. Biasanya melalui test karir ini mengharuskanmu menjawab sejumlah pertanyaan dengan batas waktu tertentu. Tujuan adanya test karir ini adalah untuk menilai kekuatan dan kemampuan yang ada pada diri kemudian disesuaikan dengan pilihan karir yang cocok.

Nah, setelah semua pertanyaan dijawab, kamu akan diberi beberapa rekomendasi karir yang sesuai denganmu. Hal ini tentu sangat membantu dirimu untuk menentukan karir yang profesional sesuai dengan kemampuanmu. Bahkan ada penyedia test yang mempersilahkan mencobanya secara gratis, maka kamu harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Baca: Cara Belajar Ala Pemimpin Sukses Dunia

  1. Meminta Saran dari Orang Lain

Kamu perlu meminta saran dari orang lain dalam memilih karir yang kamu impikan. Terlebih jika kamu meminta saran dari seorang ahli yang berpengalaman atau mereka yang telah profesional dalam bidang tertentu. Cobalah untuk gali informasi sebanyak mungkin mengenai karir atau industry yang ingin kamu tuju. Tak lupa untuk meminta nasihat pada mereka sebagai cara menentukan karir lainnya yang bisa kamu lakukan.

  1. Melakukan Magang

Jika kamu hendak melakukan pekerjaan di tempat magang tentu akan memberikanmu banyak kesempatan bagus untuk melihat peluang karir yang tepat, sehingga jangan pernah sekali-kali meremehkan pekerjaan sebagai anak magang. Dari pekerjaan magang inilah kamu akan mendapat pengalaman dan informasi yang sangat berguna selama magang untuk karirmu.

Selain itu, bekerja sebagai anak magang juga memungkinkanmu merasakan seperti apa dunia kerja yang sebenarnya, seperti apa lingkungan kerja yang sebenarnya dan bagaimana peran jabatan tertentu dalam suatu perusahaan.

Nah, dari pengalaman ini kamu dapat menilai apakah kamu memang cocok untuk menjalani karir tersebut. Di sisi lain, magang merupakan cara efektif untuk membangun koneksi dengan para profesional dan mendapatkan rujuan kerja.

Baca: Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menentukan karir yang tepat dan profesional. Jika kamu menginginkan karir yang profesional, dengan menjadi bagian dari dunia penerbangan, kamu bisa mengikuti sekolah penerbangan di Diklat NASA. Dimulailah dari sini kamu bisa mewujudkannya. Yuk, segera daftarkan dirimu di Diklat NASA!

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?