Perlengkapan yang Harus Dibawa saat ke Luar Negeri

Perlengkapan yang Harus Dibawa saat ke Luar Negeri

Perlengkapan yang Harus Dibawa saat ke Luar Negeri

Perlengkapan yang Harus Dibawa saat ke Luar Negeri – Saat hendak bepergian ke luar negeri, baik dengan tujuan untuk liburan atau kunjungan hal yang bersangkutan dengan pekerjaan tentu kamu harus memperhatikan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Agar selama di luar negeri, kebutuhan kamu terpenuhi. Berikut beberapa perlengkapan yang  pada umumnya harus dibawa saat pergi ke luar negeri, diantaranya:

 

  1. Paspor, KTP dan Dokumen Penting

Perlengkapan tersebut wajib kamu bawa untuk identitasmu. Ini hal yang paling penting jika kamu pergi ke luar negeri.Untuk memesan tiket pesawat saja maupun pemesanan tiket penginapan, kamu perlu menyertakan paspor. Harus kamu ingat juga untuk mem-fotocopy dokumen-dokumen penting tersebut sebagai antisipasi. Tanda pengenal seperti KTP juga sangat penting saat mengunjungi negara lain, agar kamu diketahui secara legal.

  1. Travel Adaptor atau Conventer

Benda-benda tersebut biasanya kita kenal sebagai colokan listrik. Jika diibaratkan benda ini sebagai “nyawa” dari barang elektronik yang kamu bawa seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa dengan mudahnya untuk mengisi energy dari barang elektronik kamu.

Ternyata colokan listrik memiliki bentuk standar yang berbeda-beda di setiap negara. Dengan converter universal akan sangat berguna untuk mempermudah dalam mengakses sumber listrik di luar negeri.

  1. Uang Tunai dan Kartu Kredit

Kamu perlu menyiapkan uang tunai sesuai dengan mata uang negara tujuan yang kamu kunjungi. Siapkan dalam nominal yang tidak terlalu banyak dan beragam pecahan. Kamu pun bisa menyiapkan mata uang internasional seperti USD agar dapat ditukarkan nantinya.

Selain itu, kartu kredit juga wajib kamu bawa supaya beberapa transaksi yang kamu lakukan lebih mudah, praktis dan lebih murah.

  1. Gadget Elektronik Sesuai dengan Kebutuhan

Kamu bisa membawa gadget yang esensial saja yang sering digunakan setiap waktu selama di luar negeri. Di luar negeri pun sudah pasti kamu memerlukan koneksi internet dalam menggunakan gadget tersebut, maka siapkan modem seperti WiFi Republic yang memiliki jaringan luas, cepat serta hemat.

  1. Tas

Kamu harus memastikan untuk membawa tas, yang sudah pasti selain koper. Tas yang kamu bawa bisa berupa tas kecil atau selempang yang fungsinya untuk menyimpan ponsel, paspor atau pun dokumen-dokumen penting yang kamu perlukan selama di luar negeri.

  1. Pakaian Seperlunya

Jangan lupa untuk membawa pakaian seperlunya dan disesuaikan juga dengan kondisi iklim di sana, misalkan jika cuaca panas maka perbanyak pakaian yang dapat menyerap keringat. Jika cuaca dingin perbanyak pakaian yang cukup tebal seperti jacket, hoodie dan lain-lain. Agar tidak terlalu mubazir, sebaiknya bawa pakaian yang serbaguna saja supaya lebih praktis.

  1. Peralatan Mandi dan Kebersihan

Selama di luar negeri kamu harus pandai menjaga diri untuk selalu bersih dan segar. Membawa peralatan mandi dan kebersihan lainnya tentu akan sangat berguna selama di sana. Seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun cair dan lain sebagainya. Tak lupa tambahkan tisu basah, handsanitizer dan handuk atau handuk berukuran kecil.

  1. Obat-Obatan Pribadi

Obat-obatan pribadi tentu sangat penting dibawa untuk mengantisipasi jika obat yang kamu cari tidak ada di luar negeri. Apalagi jika kamu memiliki penyakit khusus yang memang obatnya hanya ada di negara kamu. Jadi, persikapkanlah obat yang kamu perlukan. Kalaupun tersedia di luar negeri, ada kemungkinan harganya pun akan lebih mahal.

  1. Botol Minuman

Di beberapa negara menjual air minum kemasan dengan harga yang cukup mahal. Tapi, di  beberapa negara seperti di Eropa Barat tersedia tap water yang siap minum. Jadi, kamu bisa memanfaatkan untuk mengisi botol minuman yang telah kamu bawa.

  1. Asuransi Perjalanan

Jangan lupa untuk membawa asuransi perjalanan supaya tenang. Siapa yang tahu jika di luar negeri kamu jatuh sakit, atau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Maka asuransi perjalanan ini mampu membereskan urusan tersebut.

  1. Kamus

Kamus juga cukup diperlukan selama kamu di luar negeri, jika dikala kamu agak kesulitan dalam berbicara bahasa asing, kamus tersebut tentu dapat membantumu. Bahkan agar lebih praktis kamu pun bisa menggunakan kamus elektronik pada smartphone-mu.

Baca: Jenis-Jenis Visa dan Fungsinya

Nah, itulah beberapa perlengkapan pada umumnya yang harus kamu bawa jika hendak berpergian ke luar negeri. Tiap orang pasti berbeda tujuan untuk mengunjungi negara lain. Pastikan perlengkapan penting yang kamu bawa tidak terlewatkan ya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?