Profesi didalam Divisi Pengelola Bandara, yang Tak Kalah Penting dari AVSEC

Profesi didalam Divisi Pengelola Bandara, yang Tak Kalah Penting dari AVSEC

Profesi didalam Divisi Pengelola Bandara, yang Tak Kalah Penting dari AVSEC

Profesi didalam Divisi Pengelola Bandara, yang Tak Kalah Penting dari AVSEC – Selain pilot dan pramugari/pramugara, ternyata ada begitu banyak profesi menarik di dunia penerbangan. Adanya profesi-profesi ini sangat dibutuhkan agar sebuah bandara bisa beroperasi dan memberikan layanan terbaik bagi penumpangnya.

Untuk profesinya sendiri, terdiri dari beberapa divisi, untuk divisinya terdiri dari divisi pengelola bandara, air traffic controller (ATC), airlines atau maskapai, groundhandling dan authority. Penasaran untuk melihat detail profesinya seperti apa?

Pengelola Bandara (Airport)

Profesi yang menjadi bagian dari pengelola bandara ini tentunya tidak asing lagi di telinga kamu. Apalagi jika kamu pernah pergi ke Bandara, pastinya profesi-profesi ini akan kamu temui, diantaranya:

  • Aviation Security (AVSEC)

Polisi bandara yang bertugas menjaga keamanan dan keselamtan di Bandara. Kamu biasanya akan melihat mereka saat melewati Security Check Point (SCP) ketika hendak berangkat naik pesawat.

 

  • Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF)

Profesi yang satu ini memiliki tugas untuk melakukan tindakan penyelamatan yang terjadi di bandara. Misalnya kecelakaan pesawat, kebakaran Gedung dsb. Pakaian yang dikenakan petugas ARFF tentunya tahan api, sehingga memudahkan mereka untuk menjalankan tugasnya.

  • Apron Movement Control (AMC)

Profesi ini bertanggung jawab terhadap pergerakan pesawat, kendaraan dan manusia di area parkir pesawat. Tugasnya adalah menentukan posisi parkir yang tepat untuk pesawat. Kemudian ia juga akan mencatat data penerbangan serta memandu pesawat ke tempat parkir menggunakan mobil bertuliskan “Follow Me”

  • Marshaller

Petugas Marshaller bertugas untuk memberikan aba-aba kepada pesawat yang parkir. Petugasnya sendiri biasanya menggunakan semacam benda mirip raket ping-pong untuk memberikan aba-aba kepada pesawat.

Aviobridge Operator

Profesi yang satu ini mengoperasikan garbarata. Ap aitu garbarata? Garbarata adalah jembatan yang menjadi penghubung antara terminal dan bandara dengan pesawat. Sehingga memudahkan penumpang agar tidak perlu naik atau turun tangga.

Non Terminal Airside Technician

Tugasnya adalah memastikan kesiapan sisi udara bandara, mulai dari apron (area parkir pesawat), taxiway dan runway agar aman digunakan untuk operasional penerbangan. Apa saja yang biasanya ditinjau oleh seorang Non Terminal Airside Technician? Biasanya ia memastikan runway tidak berlubang dan retak. Karena pastinya runway yang berlubang atau retak akan berbahaya bagi pesawat yang akan melakukan landing maupun take off.

Itulah serangkaian Profesi didalam Divisi Pengelola Bandara. Ternyata di sebuah bandara terdapat berbagai profesi yang saling berkesinambungan satu sama lain. Khususnya bagi kamu yang ingin berkarir di dunia penerbangan, kamu sangat bisa memulainya dari sekarang.

Baca: Tes Kesehatan Pramugari, Apakah Ada Tes Keperawanan juga?

Silahkan mengikuti program Pendidikan dan pelatihan di Diklat NASA, untuk mempersiapkan dirimu dalam berkarir di dunia penerbangan. Terdapat program Pendidikan Airline Staff, AVSEC dan Pramugari/Pramugara. Untuk informasi pendaftaran dan konsultasi mengenai dunia penerbangan, bisa mengisi formulir pendaftaran yang tertera di laman utama website Nasa.or.id

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?