Tugas dan Tanggung Jawab Aviation Security

Tugas dan Tanggung Jawab Aviation Security

Tugas dan Tanggung Jawab Aviation Security

Tugas dan Tanggung Jawab Aviation Security – Bandara adalah tempat pemberhentian pesawat terbang yang memungkinkan kita akan bertemu dan melihat banyak orang dari berbagai tempat. Itu sebabnya, di bandara terdapat petugas yang dengan sigapnya menjaga keamanan di bandara.

Profesi yang tugasnya menjaga keamanan ini bernama Aviation Security. Lokasi yang dijaga ketat oleh Aviation Security, mulai dari sisi darat (landside) seperti di terminal bandara, maupun di sisi udara (airside) seperti landasan pacu, apron dan taxiway.

Tanggung jawab Aviation Security adalah melakukan pemeriksaan secara manual, melihat wajahnya apabila ada sesuatu yang mencurigakan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Selain itu, Aviation Security juga biasanya menggunakan perangkat X-Ray dan melakukan pemantauan melalui monitor.

Ketika pandemic corona mulai mewabah dimana-mana, seorang Aviation Security juga membantu untuk mengawasi setiap yang datang dan melakukan pengecekan melalui thermo scan. Apabila jenjang karir seorang aviation security sudah pada tahapan senior, makai a memiliki tugas untuk mengawasi kinerja pada aviation security junior.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Aviation Security

 

Lalu bagaimana caranya menjadi seorang Aviation Security yang professional?

Sangat mudah, kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan dan Pendidikan di Diklat NASA, tersedia pilihan program untuk kamu yang mau berkarir menjadi seorang Aviation Security yang professional. Lama Pendidikan yang harus ditempuh adalah 3 bulan.

Diklat NASA sendiri telah memiliki izin dan approval dari Kementrian Perhubungan Udara, Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Pendidikan. Sehingga terjamin menjadi Lembaga terpercaya yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas yang siap kerja.

Syarat menjadi Aviation Security

  • Pendidikan Min. SMA/K/MA Sederjat
  • Tinggi 160cm (Putri) dan 170cm (Putra)
  • Berat badan proporsional
  • Usia 18-27 tahun
  • Tidak berkacamata
  • Minus Maksimal 0,5
  • Tidak buta warna

Baca: Tugas dan Tanggung Jawab Airline Staff atau Staff Penerbangan

Tidak ada alasan untuk menunda mimpimu untuk berkarir di dunia penerbangan, karena ternyata mimpimu bahkan sangat dekat apabila kamu mau berjuang untuk meraihnya. Meskipun hanya bertitle lulusan SMA, ternyata kamu tetap bisa menjadi seorang Aviation Security yang professional.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?