Pentingnya Attitude Untuk Profesi Pramugari

Pentingnya Attitude Untuk Profesi Pramugari

Pentingnya Attitude Untuk Profesi Pramugari

Pentingnya Attitude Untuk Profesi Pramugari – Bagi seseorang yang bekerja di pelayanan dunia penerbangan, tentu harus mempunyai grooming dan attitude yang baik. Jadi, bagi kamu yang mempunyai cita-cita untuk berkarir di dunia penerbangan seperti salah satunya pramugari, persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Mulai dari wawasan dunia penerbangan, kemampuan bahasa Inggris, hingga pada grooming dan attitude harus kamu kuasai dan pahami dengan baik jika kamu ingin menjadi seorang pramugari yang profesional. Mempelajari istilah grooming dan attitude sangat penting di dunia layanan jasa penerbangan.

Grooming diartikan sebagai sebuah penampilan diri dari tenaga pelayanan pada saat bertugas. Jadi, penampilan dari ujung rambut hingga ujung kaki harus dipastikan ‘good looking’. Nah, kecantikan seorang pramugari tidak hanya dilihat dari luar atau fisik aja melainkan dari dalam dirinya (inner beauty). Inner beauty ini bisa kita realisasikan dengan attitude. Jadi, grooming dan attitude ini bisa dikatakan sebagai paket lengkap untuk menjadi seorang pramugari.

Attitude merupakan sikap berperilaku yang dilakukan oleh seseorang setiap hari di dalam masyarakat yang digunakan agar dapat bersosialisasi dengan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kita. Begitu pun dengan profesi pramugari, kamu harus memiliki attitude yang baik ketika memberikan pelayanan kepada penumpang yang kamu layani agar merasa senang dan puas. Lalu, sikap dan etika apa saja yang harus dimiliki seorang pramugari?

 

  1. Dapat Bekerja dalam Tim

Boarding adalah salah satu pekerjaan yang dianggap sulit. Maka bisa dikerjakan bersama-sama dengan tim agar terasa lebih mudah. Seorang pramugari bisa menawarkan bantuan kepada para penumpang yang mengalami kesulitan dalam meletakkan barang bawaannya ke bagasi kabin.

  1. Teliti

Sikap teliti ini memang diharuskan dalam melakukan suatu pekerjaan, bukan untuk seorang pramugari saja. Karena setiap pekerjaan membutuhkan ketelitian. Sikap teliti ini bisa ditunjukkan  dengan memeriksa terlebih dahulu peralatan keselamatan penerbangan yang harus dibawa pada penerbangan tersebut, apakah sudah lengkap atau belum. Pramugari harus memastikan semua peralatan dan kebutuhan tersebut sudah lengkap dan siap untuk dipakai.

  1. Ramah dan Bersahabat

Sikap ramah ini sangat identik dengan profesi yang berhubungan dengan layanan suatu jasa. Termasuk pramugari yang berada di layanan jasa penerbangan. Sikap ramah dilakukan agar penumpang merasa nyaman dan dengan pelayanan yang diberikan.

Sikap ramah harus ditunjukkan kepada penumpang demi profesionalisme kerja, walaupun dalam keadaan apapun perasaan pramugari tersebut. Bagaimana pun caranya harus tetap ramah. Sikap ramah ini bisa ditunjukkan dengan memberikan senyuman, sapaan serta ucapan salam kepada penumpang. Hal tersebut sangat wajib dilakukan oleh seorang pramugari.

  1. Memprioritaskan Kenyamanan Penumpang

Pada saat bertugas, pramugari harus menawarkan makanan dan minuman kepada para penumpang. Bahkan pada saat kondisi darurat sekalipun pramugari harus tetap memberikan arahan kepada penumpang dan memberikan pertolongan pertama hal apa saja yang dibutuhkan oleh penumpang. Intinya, kenyamanan penumpang adalah yang utama.

  1. Sabar dan Tegas dalam Bekerja

Sikap sabar dan tegas ini sangat penting dimiliki pramugari supaya nantinya mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi termasuk menghadapi berbagai karakter dan sifat penumpang yang berbeda-beda. Apabila ada penumpang yang tidak menyenangkan hati, pramugari harus tetap sabar dan tetap bersikap baik dan tidak terpancing emosi. Selain itu, apabila ada penumpang yang tidak mentaati aturan selama penerbangan maka dengan tegas pramugari mengingatkan kembali serta memberikan arahan dengan baik.

  1. Cepat Tanggap dan Disiplin

Pramugari harus memiliki sikap cepat tanggap dan disiplin karena sikap ini juga menunjukkan profesionalisme pekerjaan. Cepat tanggap dan atau cekatan di sini maksudnya dapat memahami tugasnya dan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Sikap disiplin pramugari bisa ditunjukkan dengan disiplin menyediakan jasa yang diharapkan oleh penumpang.

Nah, itulah penjelasan betapa pentingnya attitude untuk profesi pramugari. Tentu dengan mempunyai attitude yang baik memang tidaklah mudah. Semuanya perlu dilatih dan dibiasakan. Alangkah baiknya jika kamu bercita-cita menjadi seorang pramugari, sangat direkomendasikan untuk mengikuti sekolah penerbangan jurusan pramugari terlebih dahulu.

Baca: Shift Kerja dan Jenis Cuti di Bandara atau Dunia Penerbangan

Semua hal tentang kepramugari-an akan diajarkan hingga kamu bisa mencapai level pramugari yang profesional. Pendidikan di Diklat NASA bisa menjadi pilihan terbaik untukmu agar cita-citamu menjadi seorang pramugari tercapai.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?