Ground Support Equipment di Pesawat

Ground Support Equipment di Pesawat

Ground Support Equipment di Pesawat

Ground Support Equipment di Pesawat – Perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti perusahaan penerbangan tidak lepas dari yang namanya Ground Support Equipment. GSE (Ground Support Equipment) ini merupakan suatu alat bantu yang harus dimiliki perusahaan ground handling dan sangat erat hubungannya dengan pesawat yang akan dilayaninya.

GSE pun melayani pesawat terbang sebelum keberangkatan maupun setelah tiba di bandara. Peralatan ground handling ini dapat mendukung operasi pesawat ketika berada di darat.

Fungsi umum dari Ground Support Equipment ini terdiri dari:

  1. Ground Power Operations
  2. Aircraft Mobility, dan
  3. Loading Operations (penumpang dan barang)

 

Ground handling memiliki banyak persyaratan dalam memberikan pelayanan dari pesawat pengangkut penumpang. Contohnya seperti di antara waktu tiba harus berada di apron (pintu terminal) dan keberangkatan selanjutnya pun demikian. Selain itu, dari segi kecepatan, akurasi dan efisiensi sangat penting didalam pelayanan ground handling. Nah, ada 2 kategori GSE yang mendukung dalam kegiatan Ground Handling, yaitu:

  1. Non Powered Equipment
  2. Chocks

Chocks digunakan untuk mencegah pesawat bergerak ketika parkir di apron. Chocks diletakkan di depan dan di belakang roda landing gear pesawat. Chocks terbuat dari kayu yang keras atau karet yang keras, disebut juga dengan sebutan towbar.

 

  • Bag Carts

Bag Carts atau kereta angkut ini digunakan untuk mengangkut cargo, excess baggage, mail, dan material lainnya dari terminal ke pesawat atau sorting facility. Carts pun dilengkapi dengan sistem pengereman dengan memblok roda sehingga tidak bergerak ketika akan disambungkan dengan balok untuk ditarik. Banyak kereta juga yang dilengkapi dengan penutup, kecuali untuk bagian yang menggunakan plastik dan dilindungi dengan terpal sehingga items dapat terlindungi dari kondisi cuaca.

  • Dollies for Containers and Pallets

Trolli untuk container dan pallet ini digunakan untuk mengangkut muatan di container dan pallet. Keduanya memiliki inbuilt rollers atau roll untuk memudahkan di dalam mengangkut container dan pallet ke dalam space pesawat. Trolli untuk container memiliki pola memutar untuk membuat container dapat berbalik arah secara langsung saat proses loading ke dalam pesawat.

  • Powered Equipment
  • Hydrant Truck Aircraft Refueller

Sebuah hydrant cart bergerak ke pipeline network untuk menyediakan bahan bakar pesawat. Ada perbedaan yang signifikan antara hydrant system dengan fuel truck, hydrant system lebih menguntungkan karena fuel truck harus mengisi kembali secara berkala.

  • Tugs and Tractors

Digunakan untuk menarik atau menggerakkan alat-alat ground support yang mengalami kerusakan, termasuk bag carts, mobile air conditioning units, air starters, lavatory carts, dan peralatan lainnya.

  • Ground Power Unit (GPU)

Kendaraan yang mampu menyuplai tenaga ke pesawat yang sedang berada di parkir area. Ground Power Unit juga memungkinkan dapat menyuplai jetway, mempermudah suplai energi listrik ke pesawat.

  • Airport Buses

Bisa digunakan untuk mengangkut penumpang, dan memindahkan penumpang dari pesawat ke terminal, atau dari satu terminal ke terminal lainnya.

  • Container Loader

Loader untuk pesawat berbadan lebar (aircraft platform) digunakan untuk loading dan unloading cargo yang berada di container atau di pallet.

  • Container Transporters

Transporters adalah peron cargo yang memiliki kontruksi untuk membantu proses loading dan unloading. Tipe transporters tergantung pada load capacity container yang akan diangkut, dan berlaku juga untuk pallet serta transporters yang lebih besar.

  • Air Starter

Sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan mesin gas turbin yang selama menghidupkan pesawat membutuhkan udara seperlunya agar mesin pesawat dapat hidup.

  • Potable Water Trucks

Kendaraan khusus yang mengisi drinking water di tangki pesawat

  • Lavatory Service Vehicles

Kendaraan lavatory service kosong dan mengisi dari lavatories onboard aircraft, kotoran yang tersimpan di tangki kemudian dibersihkan dengan kendaraan ini.

  • Catering Vehicle

Kendaraan catering terbuat dengan lifting system, platform and an electrohydraulic control mechanism. Kendaraan ini dapat mengangkat dan menurunkan, peron dapat menggerakkan ke depan pesawat.

  • Belt Loaders

Kendaraan yang menyediakan moveable belts untuk loading dan unloading baggage dan cargo. Sebuah belt laoder digerakkan untuk membuka ruang di bawah pesawat, dikenal sebagai bin atau pit.

  • Passenger Boarding Stairs

Digunakan untuk mengangkut penumpang dari darat ke kabin pesawat.

  • Pushback Tugs and Tractors

Digunakan untuk menarik pesawat dari runway menuju apron, begitu juga sebaliknya.

  • De/Anti-Icing Vehicles

Dapat melindungi pesawat dari kebekuan akibat tertutup salju, dengan menggunakan kendaraan khusus yang memiliki tangan-tangan, seperti sebuah cherry picker untuk mempermudah akses masuk ke pesawat.

Baca: Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Penerbangan

Nah, itulah kategori Ground Support Equipment yang mendukung kegiatan Ground Handling. Di dalam dunia penerbangan sudah sepatutnya mengetahui dan memahami seputar Ground Support Equipment ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?