Keuntungan Memiliki E-Paspor di Indonesia

Keuntungan Memiliki E-Paspor di Indonesia

Keuntungan Memiliki E-Paspor di Indonesia

Keuntungan Memiliki E-Paspor di Indonesia – E-Paspor atau elektronik paspor merupakan jenis paspor yang memiliki data biometri sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Sehingga E-Paspor ini juga dikenal sebagai paspor biometri.

Nah, data biometri tersebut disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor yang berada di bagian depan paspor. Chip itu sendiri berfungsi untuk menyimpan berbagai data dari pemilik paspor, seperti data biometri wajah, biometri sidik jari dan data pendukung lainnya.

E-Paspor memiliki beberapa keuntungan bagi pemiliknya dibandingan dengan paspor biasa atau non elektronik, diantaranya:

 

  1. Penggunaannya Lebih Aman

E-Paspor sangat sulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain, karena memiliki chip yang tertanam di dalam paspor. Chip tersebut berfungsi untuk menyimpan data biometri si pemilik paspor, sehingga penggunaan E-Paspor diklaim lebih aman dibandingkan dengan paspor biasa non elektronik. Nah, jika E-Paspor hilang, maka orang lain yang menemukannya akan kesulitan untuk menemukannya atau memalsukan paspor tersebut.

  1. Tidak Perlu Mengantri di Pemeriksaan Imigrasi

Khusus untuk di Jakarta dan Bali, pemegang E-paspor tidak perlu lagi repot mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi. Jadi, kamu dapat langsung menuju autogate di bagian  penerbangan internasional untuk memindai E-Paspornya dan terbang ke negara tujuan yang akan dikunjungi.

Tentu hal ini akan mempersingkat waktu antrian di bagian imigrasi bandara, dan sebuah keuntungan bagi kamu karena tidak perlu melewati proses pemeriksaan secara manual dari petugas bandara Indonesia. Tinggal scan saja paspor elektroniknya, nanti pintu autogate akan terbuka dengan sendirinya.

  1. Tanpa Perlu Membayar Visa

Jika kamu mengunjungi negara seperti Jepang, maka pemegang E-Paspor tidak perlu membayar visa alias gratis selama 15 hari. Kamu hanya cukup mendaftarkan E-Paspor sebelum keberangkatan ke Jepang. Proses pendaftaran E-Paspor ini kira-kira dapat memakan waktu selama 2 hari kerja.

Nah, itulah beberapa keuntungan memiliki E-Paspor di Indonesia. Jika kamu suka bepergian ke luar negeri, sebaiknya segera membuat E-Paspor. Dengan begitu, kamu akan bepergian ke luar negeri dengan nyaman dan aman. Bahkan jika kamu pergi liburan ke Jepang bisa bebas visa selama 15 hari, lho. Bagi seorang traveller, tentu ini sangat menguntungkan dan tidak boleh disia-siakan.

Akan tetapi, pemegang E-Paspor wajib melaporkan ke Kedutaan Besar Jepang untuk membuat registrasi kedatangan. Jadi, kamu hanya perlu melaporkan saja ke kedutaan, terkait datang ke negara Jepang dengan tujuannya apa.

Baca: Perbedaan Visa dan Izin Tinggal (Residence Permit)

Tetap melakukan registrasi, tapi tanpa mengajukan visa. Untuk imigrasi Indonesia sendiri terus berupaya untuk meningkatkan efektivitas pelayanan dengan menambah kantor imigrasi dan dapat melayani pembuatan paspor elektronik.

Sebenarnya  keuntungan memiliki E-Paspor tidak hanya gratis visa ke Jepang. Dengan memiliki E-Paspor, pengajuan visa kunjungan ke luar negeri akan lebih mudah mendapatkan persetujuan. Alasannya karena data pemilik E-Paspor sangat akurat dan valid sehingga memudahkan sekali pihak kedutaan negara lain untuk memverifikasi dan mengeluarkan visa. Maka, sangat disarankan untuk segera beralih menggunakan E-Paspor.

Untuk saat ini di Indonesia perkembangan masyarakat yang beralih dari paspor non elektronik ke paspor elektronik lebih pesat. Karena memang dengan menggunakan E-Paspor tentu lebih memudahkan pengguna dan aman digunakan. Selain itu, penggunaan E-Paspor ini lebih ramah lingkungan karena mengurangi pemakaian kertas.

Baca: Perbedaan Paspor Biasa dan E-Paspor

Nah, itulah keuntungan-keuntungan dengan memiliki E-Paspor di Indonesia. Sudahkah kamu beralih menggunakan paspor non elektronik menjadi paspor elektronik? Nikmati keuntungannya! Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Halo Kak, ada yang bisa admin bantu?
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?