4 Pesawat yang Paling Banyak Digunakan untuk Maskapai Komersil

4 Pesawat yang Paling Banyak Digunakan untuk Maskapai Komersil

4 Pesawat yang Paling Banyak Digunakan untuk Maskapai Komersil

Pesawat yang Paling Banyak Digunakan untuk Maskapai Komersil – Pesawat terbang merupakan salah satu sarana transportasi udara yang cukup banyak diminati. Karena bepergian untuk mengunjungi tempat tujuan menggunakan pesawat terasa lebih nyaman dan waktu tempuhnya pun menjadi lebih cepat.

Di Indonesia bahkan berbagai negara di dunia  pun memiliki maskapai penerbangan komersil yang menggunakan berbagai jenis pesawat. Berikut penjelasan mengenai jenis pesawat yang banyak digunakan untuk maskapai komersil:

  1. Boeing

Boeing merupakan jenis pesawat yang paling dikenal di seluruh dunia dan telah memproduksi lebih dari 6.000 unit pesawat. Jenis pesawat ini diproduksi di Chicago, Amerika Serikat oleh perusahaan yang didirikan William Edward Boeing. Ia adalah seorang pebisnis dan penebangan kayu yang terbilang sukses.

Perusahaan Boeing memiliki dua divisi yaitu Boeing Integrated Defense System (IDS) yang bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airlines (BCA) untuk pesawat sipil. Dalam pesawat Boeing yang paling laku produksinya adalah tipe Boeing 737 yang pertama kali dibuat pada tahun 1967.

Nah, pesawat Boeing 737 menjadi standar armada bagi maskapai di Indonesia. Dalam operasi penerbangannya, hampir semua maskapai penerbangan Indonesia menggunakan Boeing tipe 737.

  1. ATR

ATR merupakan jenis pesawat yang berbasis di Perancis dan perusahaan yang berfokus pada pengembangan bisnis pesawat komersil dengan tipe ATR42 dan ATR72 sejak tahun 1981. Bahkan pesawat ATR72-600 telah digunakan oleh maskapai Garuda Indonesia dalam operasionalnya sehari-hari, seperti rute-rute di Kalimantan sehingga transportasi di Kalimantan jadi lebih cepat dan efisien seiring meningkatnya perdagangan dan perekonomian.

Pesawat komersil ATR72-600 ini punya keunggulan yaitu bisa menjangkau bandara kecil dengan landasan pacu kurang dari 1600 meter dan jarak tempuh kurang dari 900 NM. Interior kabinnya pun terasa nyaman dan aman bagi penumpang karena di desain khusus oleh ahli modifikasi interior mobil sport yaitu Giorgetto Giugaro dari Italia.

  1. Airbus

Jenis pesawat Airbus ini merupakan pesawat komersial yang masuk kategori Mediun Range Aircraft yang dapat menempuh jarak antara 4.000 hingga 10.400 kilometer. Maskapai penerbangan di Indonesia yang menggunakan tipe pesawat Airbus ini diantaranya (Airbus A320-200), Air Asia (Airbus A320-200 dan Airbus A320 Neo), dan Garuda Indonesia (Airbus A330-300) yang memiliki karakteristik badan pesawat yang sempit dan memiliki kapasitas 150 sampai 180 kursi pesawat.

  1. Bombardier

Pesawat tipe Bombardier ini diciptakan oleh Bombardier Aerospace yang merupakan bagian dari Bombardier Inc. Bombardier Inc ini merupakan perusahan pesawat terbesar ke-4 di dunia dalam hal pengiriman tahunan pesawat komersial secara keseluruhan. Selain itu, pesawat tipe ini merupakan pesawat terbesar ke-3 dalam hal pengiriman tahunan pesawat terbang secara keseluruhan.

Walaupun rata-rata di Indonesia menggunakan pesawat tipe Boeing dan Airbus untuk mengangkut banyak penumpang sekaligus, namun untuk penerbangan di Indonesia Timur umumnya menggunakan pesawat yang lebih kecil. Bahkan salah satu maskapai penerbangan komersil seperti Garuda Indonesia memilih tipe pesawat Bombardier CJR700 untuk rute-rute penerbangan ke Indonesia bagian timur yang masih memiliki akses transportasi yang minim.

 

Baca: 9 Teknik Jungle Survival Bagi Pramugari/Pramugara

Nah, itulah beberapa tipe pesawat yang biasanya banyak digunakan oleh maspakai penerbangan komersil. Jika kamu bermimpi bekerja di dunia penerbangan dan ditempatkan di penerbangan impian, ada kemungkinan kamu pun akan merasakan beroperasi menggunakan tipe-tipe pesawat seperti di atas.

Untuk mewujudkan impian menjadi pekerja di dunia penerbangan, kamu bisa mengikuti sekolah penerbangan terlebih dahulu. Diklat NASA bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Yuk, daftarkan sekarang juga. Dapatkan karir yang cemerlang bersama Diklat NASA.

No Comments

Post A Comment

Hubungi Kami
Daftar Kelas di Diklat NASA
Halo, Admin diklat NASA. Saya lihat website nasa.or.id dan ingin bertanya mengenai pendidikan di Diklat NASA. Berapa biaya pendidikan diklat NASA?